Notification

×

Tag Terpopuler

Antisipasi Karhutla, Tim Posko Terpadu 06 Air Kumbang Tingkatkan Patroli

Wednesday, August 14, 2019 | Wednesday, August 14, 2019 WIB Last Updated 2019-08-14T06:57:56Z



BANYUASIN, SP - Dalam mengantisipasi karhutla, Tim Posko Terpadu 06 Air Kumbang pada Selasa (13/08) melakukan Patroli yang berlokasi di Desa Rimba Jaya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin.

Pelaksana Patroli yakni Doli kristiawan (BPBD), Hedi Gumara (BPBD), Ahmad Riva'i Arif (BPBD), Bripka Hadi Hidayatullah (POLRI), Serka Rulli Andeni (TNI), Freddy Gusman (MA), Diki Adinata (Damkar) dan Agus Junedi (DPA)

Kondisi cuaca di Desa Rimba Jaya dimana Suhu : 30 °C, Kelembaban : 61 %, Hujan : 0,0 mm, Angin : 13 Kph, Keadaan Cuaca yang mana pada Pagi   Cerah Berawan, Siang Cerah Berawan dan Sore Cerah Berawan.

Sementara areal rawan terbakar yang mana Koordinat S : 02.90966 E : 105.00165°. 
Vegetasi : Semak Belukar, Ilalang, dan Senduduk.
 Kondisi kadar air bahan bakar : Rendah. Jenis Tanah Mineral. 
Kedalaman Gambut : Sumber Air  
Konsentrasi Penduduk : Jarang. Aktivitas Masyarakat : 
Bertani. Status Lahan : Milik 
Masyarakat. Luas Lahan : ± 1 Ha
Potensi Kebakaran : Tinggi

Sosialisasi tentang dampak dan bahaya yang ditimbulkan akibat KARHUTLA, serta larangan membuka lahan dengan cara membakar kepada Bapak. Ardi Warga Desa Rimba Jaya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Sosialisasi tentang dampak dan bahaya yang ditimbulkan akibat KARHUTLA, serta larangan membuka lahan dengan cara membakar kepada Bapak. Sudirman warga Desa Rimba Jaya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Tim kemudian melakukan sosialisasi serta pemahaman tentang KARHUTLA dan pembukaan lahan dengan cara tidak dibakar, tak lupa  tim pun memberikan alternatif bahwa membuka lahan pertanian tidak harus dibakar tapi bisa dilakukan dengan pengolahan lahan tanpa bakar ( PLTB ).

"Hal ini dengan cara sisa dari ranting, daun, dapat dijadikan pupuk kompos yg bisa dipakai/digunakan untuk kebun sendiri sehingga dapat menghemat biaya pertanian. 

Bahkan sisa dari potongan kayu dapat digunakan untuk pembuatan cuka kayu dan briket arang sehingga dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, dan bisa dijadikan mata pencarian warga untuk menambah penghasilan di dalam keluarga," kata Kapolsek Air Kumbang AKP Gunawan Sahferi.

Dikatakan dia bahwa Kondisi wilayah Desa Rimba Jaya sekarang memasuki musim kemarau dan setelah dilakukan uji remas serasa terlihat kadar air bahan bakar sudah mulai mengering dan ketinggian muka air sudah jauh drastis menurun dan banyak juga areal rawan tidak memiliki sumber air.

"Warga Desa Rimba Jaya sangat mendukung pencegahan KARHUTLA. Dan mereka tahu bahwa dampak dari KARHUTLA dapat merugikan kesehatan serta dapat mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Dan mereka memahami apa yang telah disampaikan oleh Tim. Kemudian mereka juga akan menyampaikan kembali pesan yang telah mereka terima dari Tim kepada tetangga, teman, dan sanak keluarga yang lainnya," ujar dia. (Adm)
×
Berita Terbaru Update