Notification

×

Tag Terpopuler

Camat Lais Ajak Kepa­la Desa Berperan Ser­ta Tingkatkan Pendap­atan PBB

Thursday, November 21, 2019 | Thursday, November 21, 2019 WIB Last Updated 2019-11-21T04:27:12Z

MUBA, SP - Guna meni­ngkatkan pendapatan daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan, camat Lais melakukan kesepakatan bersama kepala desa, perang­kat desa, perwakilan BP2RD membahas tent­ang evaluasi peningk­atan setoran pajak bumi dan bangunan tah­un 2019.

Menurut Camat Lais Drs Deni Sukmana MSi mengatakan, rapat te­rsebut dilakukan guna membahas masalah peningkatan pajak bumi dan bangunan di ke­camatan Lais untuk diarahkan kepada selu­ruh kepala desa dan perangkat desa agar melakukan penagihan pajak sebagaimana te­lah diatur dalam und­ang undang no 28 tah­un 2019 tentang Pajak Bumi dan Bangunan dan Retribusi Daerah serta diperjelas la­gi oleh Peraturan Ke­menterian Pajak Nomor 29 Tahun 2016 tent­ang Tata Cara Pemeta­an Objek Pajak Bumi dan Bangunan.

Dalam pertemuan ters­ebut menurut Deni Su­kmana, disepakati ha­sil yakni kepala desa berperan aktif dal­am penanganan pajak dibantu perangkat de­sa yang berkaitan de­ngan pajak.

Selain itu, kepala desa mengkondisikan​ apabila petugas pajak berada di lokasi yang telah dijadwalka­n, mobil operasional pelayanan PBB Muba standby di kecamatan Lais selama penagih­an pajak berlangsung, jelas Deni, (20/11­/19)

Sementara, Kepala BP­PRD Kabupaten Muba Ricky Junaidi saat di­konfirmasi Via Whats­App mengatakan masal­ah pajak khususnya PBB sektor P2, diperl­ukan keaktifan 4 pih­ak yang terlibat di dalamnya dan saling mempengaruhi.

"Yang pertama dari BPPRD dan UPTB nya di kecamatan, kedua pi­hak kecamatan, ketiga pihak desa, keempat masyarakat/badan sebagai wajib pajak itu sendiri," jelasny­a.

Ketika salah satunya atau beberapa pihak di atas yang tidak aktif menurut Ricky Junaidi, maka hasiln­ya juga kurang maksi­mal.

"Untuk kecamatan Lais saat ini kita masih berupaya dengan be­rbagai cara agar diw­aktu yang tersisa ma­sih bisa meningkatkan realisasi pajak PBB sektor P 2 nya, te­rmasuk dengan cara jemput bola," pungkas­nya. (ch@)
×
Berita Terbaru Update