Notification

×

Tag Terpopuler

Camat Suak Tapeh : Bibit Padi IGO 1 Baik Untuk Dijadikan Percontohan

Tuesday, December 17, 2019 | Tuesday, December 17, 2019 WIB Last Updated 2019-12-17T02:51:36Z

BANYUASIN, SP - Musim kemarau tampaknya tak menjadi halangan bagi tanaman padi yang jauh sebelum musim penghujan masuk ditanam oleh pengusaha sukses Johan pemilik PT Soeata yang berlokasi di Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh.  Pemilik perkebunan PT Soeata bersama jajaran Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh dan mantan Bupati Muba H Fahri Azhari melakukan panen raya padi IGO 1 di lokasi perkebunan setempat.

Camat Suak Tapeh, Sashadiman Ralibi, S Ag., M.Si, saat acara tersebut mengatakan panen padi yang di tanam musim panas ini lebih kurang 6 hektare. Diperkirakan panen dengan ukuran luas lahan sebesar tersebut 8 hingga 9 ton.

"Hari ini langsung dilakukan panen secara simbolis bersama dengan pak Johan, pemilik kebun PT Soeata dan dihadiri oleh mantan Bupati Muba Pahri Azhari beserta istri. Ini baik untuk merangsang petani di Desa Lubuk Lancang karena padi yang dipanen bibitnya bisa hidup di dua tempat yakni darat dan rawa," ujar Camat.

Panen raya yang dilakukan Camat beserta Kepala Desa Lubuk Lancang tersebut perdana dilakukan oleh pemerintah setempat, hal tersebut dikarenakan bibit yang ditanam ternyata disemai ketika musim panas beberapa bulan lalu.

"Bibit padi ini tergolong unik dan langka, karena padi disemai waktu musim panas dan asap beberapa bulan yang lalu, juga dapat hidup di lahan darat yang berada tidak jauh dari jalan lintas timur, ini baik untuk dijadikan pusat pembibitan dan percontohan di Kabupaten Banyuasin," harap camat.

Dalam kesempatan tersebut Camat Suak Tapeh ini juga menyambut baik adanya itikad baik dari PT Soeata melalui dana CSR yang digelontorkan ke Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin.

"Alhamdulillah, kehadiran PT Soeata sangat berdampak baik bagi kemajuan masyarakat Kecamatan Suak Tapeh, terlihat dari mengalirnya bantuan yang terus digelontorkan untuk wilayah sekitar. Salah satunya Masjid Desa Durian Daun yang akan direhab total oleh pak Johan dengan besaran dana Rp 3 Milyar," papar dia.

Sementara itu Kepala Desa Lubuk Lancang, Rusdi Tamrin, mengaku sangat bangga dengan adanya sosok pengusaha yang secara berkelanjutan memperhatikan wilayah sekitar terutama Desa Lubuk Lancang.

"Banyak sumbangsi yang dilakukan PT Soeata ke Kecamatan Suak Tapeh khususnya Desa Lubuk Lancang, semoga usaha yang dilakukan kian berdampak pada pembangunan masyarakat desa," lugasnya. (Adm)
×
Berita Terbaru Update