-->

Notification

×

Warga Sungai Ceper Dambakan Akses Transportasi Darat

Thursday, January 16, 2020 | 10:13 WIB Last Updated 2020-01-16T03:13:36Z
Pembukaan Jalan Menuju Desa Sungai Ceper Melalui Kegiatan TMMD Beberapa Waktu Lalu
KAYUAGUNG, SP – Masyarat Desa Sungai Ceper, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendambakan akses transportasi darat guna memangkas besarnya biaya transportasi sungai yang selama ini membebani warga. 

Hingga kini masyarakat Sungai Ceper masih sangat tergantung dengan moda transportasi sungai. Tapi, biaya yang harus dikeluarkan begitu besar sehingga menjadi hambatan bagi masyarakat setempat untuk bepergian ke kota kecamatan atau kabupaten.

Kepala Desa (Kades) Sungai Ceper, Kaharno mengungkapkan, sudah beberapa tahun ini pihaknya menunggu kejelasan terkait pembebasan lahan yang masuk konsesi PT Sinar Mas agar bisa segera dibangunkan akses jalur darat.

“Lahan ini merupakan hutan produksi yang masuk konsesi dari PT Sinar Mas. Seluruh wilayah desa kami masuk konsesi PT Sinar Mas termasuk juga pemukimannya, miris nian desa sudah tergadai dengan PT,” katanya, Rabu (15/01) dikutip dari fornews.com.

Ia melanjutkan, saat kegiatan TMMD di desanya beberapa waktu lalu sempat muncul harapan akan dibangun jalan akan tetapi pendekatan yang dilakukan tersebut gagal sehingga sampai saat ini jalan ke kecamatan yang bisa langsung menghubungkan ke jalan kabupaten tidak bisa direalisasikan.

Akibatnya, masyarakat terpaksa harus mengeluarkan kocek lebih dalam jika ingin ke kecamatan atau kabupaten karena harus lewat jalur sungai dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. “Biaya untuk ke Kecamatan Sungai Menang bisa Rp1 juta jika pulang pergi naik speedboat,” ujarnya.

Untuk itu, ia betul-betul berharap agar pemerintah daerah membantu untuk mempercepat proses pembebasan lahan ini sehingga jalur darat ke desanya bisa segera dibangun. “Kalau sudah biaa dilintasi darat perekonomian lebih lancar terutama mengangkut komiditi masyarakat,” pungkasnya. (rd)














Popular Posts

×
Berita Terbaru Update