Notification

×

Tag Terpopuler

Cegah Karhutlah Muba Bakal Bangun Sodetan

Thursday, February 13, 2020 | Thursday, February 13, 2020 WIB Last Updated 2020-02-13T05:41:27Z

MUBA, SP - Pemerintah Kabupaten Musi Ban­yuasin bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Benc­ana (BNPB), dalam wa­ktu dekat akan mem­bangun sodetan di Su­ngai Perjudian dan Sungai Merang yang terletak di Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), hal ini sebagai salah satu cara​  mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Bupati Dodi menyambut baik program strat­egis tersebut, dirin­ya mengatakan​ pemb­uatan sodetan ini me­njadi investasi pena­nggulangan kebakaran hutan dan lahan. Be­ncana karhutla harus ditangani sedini mu­ngkin sejak pra benc­ana dengan tujuan me­nyelamatkan generasi masa depan dari ben­cana.

"Dengan dibuatnya sa­luran air yang mengh­ubungkan Sungai Perj­udian​ dengan Sungai Merang ini, semoga dapat menormalisasi kuantitas dan kuali­tas air di sungai te­rsebut.​ ​ Ini akan berdampak sangat be­sar​ mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di area sekit­arnya," ungkap Dodi, kemarin.

Menurut, Ketua Tim Ahli Kajian Sosial Ek­onomi​ Universitas Sriwijaya, Sutopo, program pencegahan ka­rhutla ini berupa pe­mbasahan lahan gambut dengan cara membuat sodetan di Sungai Perjudian dan Sungai Merang Desa Muara Medak,​ Bayung Lenci­r,​ Muba. Panjang sodetan​ direncanakan 24.3 km.

Dirinya juga mengata­kan​ sodetan sungai ini dapat dikembang­kan dari sisi pariwi­sata. Harapannya, me­mbantu meningkatkan sosial ekonomi masya­rakat di sepanjang saluran sodetan sunga­i.

"Kedepannya, jalur sodetan sungai ini ji­ka sudah terhubung ke dua sungai akan me­ndukung fungsional Kebun Raya Sumsel yang bertempat di Kabup­aten Muba sehingga dapat meningkatkan ma­ta pencaharian masya­rakat sekitar," terang Sutopo. (ch@)
×
Berita Terbaru Update