Notification

×

Tag Terpopuler

Anita: Pertimbangkan Kesiapan Masyarakat

Tuesday, April 21, 2020 | Tuesday, April 21, 2020 WIB Last Updated 2020-04-21T02:14:24Z
Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel)  Hj RA Anita Noeringhati,SH,MH
PALEMBANG, SP - Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel)  Hj RA Anita Noeringhati,SH,MH mengatakan pemberlakuan PSBB untuk kota Palembang dan Prabumulih harus mempertimbangkan kesiapan masyarakat. 

"Bagaimana kesiapan Pemkot untuk bisa mem-back up masyarakat terdampak Covid-19. Baik dari sisi anggaran hingga ketersediaan bahan pangan. Ini harus diperhatikan," kata Anita ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/4). 

Dikatakan Anita,  apabila tidak betul-betul direncanakan dengan baik dikhawatirkan  akan memunculkan titik-titik kerawanan. "Perlu pemahaman kepada masyarakat terkait PSBB ini yang disertai dengan data-data dan bukti-bukti yang akurat," kata Ketua Harian DPD Partai Golkar Sumsel itu.

Sementara itu Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Sumsel mengapresiasi tentang segala upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam mencegah meluasnya wabah virus corona. 

Namun, melihat kondisi sekarang ini, Pemprov Sumsel harus segera mengambil kebijakan yang lebih berani untuk membatasi perluasan virus covid-19 dan mencegah dampak sosial ekonomi yang dapat menjadi tidak terkendali. 

Fraksi PKS melalui Ketuanya, H Askweni,SPd mengimbau dan mendesak Gubernur Sumsel dan seluruh jajaran Pemprov Sumsel segera mengambil langkah-langkah dengan segera mengambil tindakan yang cepat dan tepat dalam upaya menghentikan  penyebaran Covid-19 dengan cara memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Provinsi Sumatera Selatan. 

Kebijakan ini harus dilakukan sebelum semuanya terlambat dan menimbulkan banyak korban jiwa lagi. Hal ini didasarkan pada peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 21 tahun 2020 tentang pembatasan sosial bersekala besar dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Selain itu, diminta untuk menjamin ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat Sumsel. 

"Dan memberikan jaringan pengaman sosial dalam bentuk bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Hal ini sesuai dengan instruksi kementerian dalam negeri nomor 1 tahun 2020 tentang pencegahan, penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 dilingkungan pemerintahan daerah," kata  Askweni didampingi Sekretaris F-PKS DPRD Sumsel, Mgs H Syaiful Padli,ST,MM. 

Selain itu, F- PKS juga meminta Pemprov untuk membangun sistem informasi yang transparan, akurat dan terkoordinasi dengan baik untuk masyarakat Sumatera Selatan. Sehingga sistem informasi ini mampu mencegah berita hoaks atau palsu dan berita sejenis lainnya. (do)
×
Berita Terbaru Update