Data Misbar Kembali Diverivali

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat H. Januar syah Hambali, SH. (foto/KH.Helmi)
- Acuan Penerima Sembako

LAHAT, SP - Pemerintah Kabupaten Lahat berencana memberikan bantuan sembako kepada warga yang terkena dampak bencana non alam covid-19 jika data misbar sudah valid diverifikasi validasi, (Verivali), sebelum bulan suci ramadhan.

Sekretaris Daerah, (Sekda), Kabupaten Lahat, H. Januarsyah Hambali, SH, mengatakan, jika hasil verifikasi validasi (Verivali) pendataan misbar telah valid maka bantuan sembako untuk masyarakat sudah bisa dibagikan menjelang bulan suci ramadhan. Sejauh ini, Dinas Sosial Kabupaten Lahat telah mengirimkan data misbar yang terkumpul ke desa dan kelurahan untuk dilakukan kembali verifikasi validasi (verivali) data. "Benar, telah kami kembalikan. Tujuannya untuk kembali di verivali agar akurat, valid dan sesuai kondisi dan keadaan yang sebenarnya", katanya kepada Sumsel Pers. Senin, (13/4).

Ditambahkannya, dari 64.000 ribu data misbar yang diterima dari kades dan lurah, disinyalir, masih ditemukan ada oknum-oknum tidak berhak menerima bantuan akibatkan dampak bencana katagori non alam ini. 

"Contonya, ada nama kepala sekolah masuk data misbar. Dengan verifali ini, data tersebut terjadi perbaikan", tambahnya. 

Sementara, Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat meminta proses verifali data misbar ditingkat desa dan kelurahan tidak terjadi manipulasi data demi mempermudah proses penyaluran bantuan. 

"Dari Kejari, 64.000 Misbar di Kabupaten Lahat dapat kembali dilakukan verivali. Jangan sampai bantuan ini tidak tepat sasaran", ujar Faishal. SH. Kasi Intel Kejari Lahat. 

Jika ada oknum-oknum memanfaatkan situasi bencana ini, selain sangsi sosial dapat saja jeratan hukum dikenakan bila ada unsur kesengajaan melakukan manipulasi data misbar".Ada kriteria penerima. Jika tidak berhak, janganlah dimasukan. Yang lebih tau kondisi di lapangan kades dan lurah setempat", tambahnya. (KH.Helmi) 

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.