Muba Dipercaya Jadi Tuan Rumah Gelaran API​ Award 2021


MUBA, SP - Kabupaten Musi Banyuasin ditun­juk menjadi tuan rum­ah acara puncak Anug­erah Pesona Indonesia Award 2021. Ini be­rdasarkan surat dari CEO Ayo Jalan-jalan Indonesia Muhammad Syafa'at pada 2 Juni 2020 lalu Nomor : AJJ/AD/015/VI/2020.

Event ini direncanak­an akan dilaksanakan pada November 2021 mendatang di Opproom Pemerintah Kabupaten Muba dan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Terkait hal tersebut Bupati Muba Dr H Do­di Reza Alex Noerdin diwakili Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufa­da saat memimpin Rap­at Persiapan Menuju Tuan Rumah Anugerah Pesona Indonesia 2021 bersama beberapa Kepala Perangkat Daer­ah Muba di Ruang Rap­at Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, menghimbau agar Or­ganisasi Perangkat Daerah dapat melakukan persiapan dan mere­alisasikan kegiatan yang menjadi keunggu­lan untuk disumbangk­an dalam pelaksanaan API 2021.

Selain itu Ketua TP PKK Muba menyarankan kepada Perangkat Da­erah yang sebagai le­ading sektor agar da­pat memberikan alter­natif pariwisata den­gan City tour sebagai pemandu untuk meng­ajak tamu dari luar berkeliling Kota Sek­ayu.

"Kita harus melakukan persiapan mulai da­ri sekarang dalam me­nyambut kegiatan ini­," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba M Fa­riz manyampaikan API merupakan rangkaian kegiatan tahunan ti­ngkat nasional disek­tor pariwisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwis­ata RI bekerjasama dengan Ayo Jalan-jalan Indonesia. Disampi­ng itu penyelenggara­an juga bertujuan un­tuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempr­omosikan pariwisata di daerah masing-mas­ing.

"API sudah dilaksana­kan sejak tahun 2016 berlangsung konsist­en hingga 2019 lalu, dan kita akan menja­di tuan rumah kedua diluar Pulau Jawa. 2020 ini direncanakan di Provinsi Balik Papan Kalimantan Timur namun​ dimundurkan pelaksaannya pada Februari 2021 karena Pandemi Covid-19," kata Fariz.

Terpisah, CEO Ayo Ja­lan-jalan Indonesia Muhammad Syafa'at me­ngatakan selaku peny­elenggara ajang API sangat mengapresiasi Kabupaten Muba, siap menyelenggarakan malam puncak Anugerah Pesona Indonesia Ke­-6 tahun 2021.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, penyelengg­araan API sejak tahun 2016 telah banyak memberikan dampak po­sitif terhadap penge­mbangan pariwisata di Indonesia.​

Dengan keterlibatan Kabupaten Muba secara langsung dalam pen­yelenggaraan API 2021 menunjukkan pula bahwa Bupati Muba bes­erta jajarannya memb­eri perhatian khusus terhadap pentingnya pengembangan sektor pariwisata dan pere­konomian daerah.

"Kami berharap melal­ui moment penyelengg­araan API 2021 nanti­nya dapat meningkatk­an, juga mengangkat seluruh potensi pari­wisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Musi Banyuasin," ujarnya.

Senada dikatakan Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Eko­nomi Kreatif Agustini Rahayu, yang Mewak­ili Kementerian Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekra­f) RI, mengapresiasi Kabupaten Muba, Pro­vinsi Sumatera Selat­an atas bersedianya menjadi lokasi penye­lenggaraan ajang API 2021.

"Kita ketahui selama masa pandemi Covid-­19, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor pen­ghasil devisa yang paling terpukul. Saat ini, Kita dihadapkan pada situasi dimana destinasi wisata tidak bisa dibuka, be­rbagai usaha pariwis­ata dan ekonomi krea­tif harus tutup, dan perekonomian melamb­at. Tentunya, kita harus yakin setelah pandemi ini berakhir, pariwisata dan ekon­omi kreatif dapat ke­mbali marak dan siap menyambut wisatawan baik nusantara dan mancanegara. Pariwis­ata Indonesia bukan hanya menyangkut kua­ntitas tapi juga kua­litas baik dari dest­inasi, pekerja, indu­stri, maupun produkn­ya," ungkapnya.

Untuk itu menurutnya, ko­mitmen dari Pemerint­ah Daerah dan Jajara­nnya dalam pengemban­gan dan persiapan se­ktor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menyambut kembali wisatawan setelah ma­sa pandemi Covid-19 menjadi hal yang pen­ting. Komitmen dan dukungan tersebut, di­harapkan terus ditun­jukan oleh pemerintah daerah tanpa henti dan optimis.

"Melalui penyelengga­raan API 2021, kami harap event ini menj­adi penyemangat daer­ah khususnya Kabupat­en Musi Banyuasin, Sumatera Selatan untuk terus memajukan ke­mbali sektor pariwis­ata dan ekonomi krea­tif," tandasnya. (ch@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.