Muba Jadi Target Gerakan Gemar Makan Ikan​

Sekda Muba Apriyadi Membuka Safari Gerakan Gemar Makan Ikan yang Diadakan  Komisi IV DPR RI Bersama Kementerian Kelautan RI
MUBA, SP
- Kabupaten Musi Banyuasin menjadi salah satu target gerakan untuk memasyarakatkan gerakan gemar makan ikan (Gemarikan) menyusul besarnya potensi ikan air tawar di Sungai Musi. 

Selain untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengkonsumsi ikan juga diyakini dapat melawan serangan Covid-19, serta dapat menambah kecerdasan generasi penerus.

Hal itu terungkap saat Sosialisasi Gemarikan yang mengangkat tema “Makan Ikan, Sehat, Kuat, Cerdas, Ayo Makan Ikan Ayo Lawan Covid-19”, Rabu (22/7/2020) di Auditorium Pemkab Muba.

Pada Kesempatan itu  Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekretaris Daerah  Drs H Apriyadi MSi dalam sambutannya berharap kedepannya masyarakat Muba lebih banyak lagi mengkonsumsi ikan khususnya ikan air tawar yang banyak terdapat di Musi Banyuasin.

“Pada dasarnya tidak ada efek negatif dari mengkonsumsi ikan secara terus menerus. Sumber protein yang sangat baik dan vitamin lainnya terkandung di dalam ikan, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Melihat potensi yang ada di Sungai Musi, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dialokasikan anggarannya. Membantu program pemerintah agar dapat membudidayakan ikan air tawar," ujarnya.

Ditambahkannya, gemar makan ikan juga merupakan upaya untuk menangkal Covid-19 yang saat ini masih mewabah di Indonesia, termasuk di Sumsel. “Kita harus jaga kelestarian ikan yang ada di Muba, taati himbauan dari pemerintah untuk tidak melakukan penyetruman,  agar tidak merusak ekosistem dan kualitas ikan,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, Hj Renny Astuty, SH, SpN,  mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dan mendorong pemerintah pusat dan daerah sebagai mitra kerja untuk memperkuat program pembangunan kelautan dan perikanan. Untuk itu masyarakat harus dapat terus berinovasi memajukan usahanya sekaligus mendorong masyarakat lainnya untuk gemar makan ikan.

“Manfaat dan gizi dari mengkonsumsi ikan begitu banyak yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Sekayu merupakan kota kedua yang saya kunjungi, dan sebagai wakil rakyat semoga saya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Dalam hal ini saya melihat secara wilayah Kabupaten Musi Banyuasin memiliki potensi ikan yang besar. Jadi, sangat bagus untuk mengembangkan produk-produk olahan ikan dari masyarakat serta melakukan budidaya ikan air tawar di Muba," ungkapnya.

Menurutnya,semakin banyak ikan yang  masukkan ke dalam tubuh, maka tingkat imunitas tubuh juga semakin tinggi. ​

Sedangkan Innes Rahmania, A.PI, S.Sos, MM Direktur Logistik Kementerian Kelautan dan Perikanan RI berjanji yang mengusahakan bantuan bidang perikanan  kepada Muba  melalui Kementerian. Termasuk semua kebutuhan masyarakat untuk pengelolaan ikan menjadi produk yang berkualitas dan menjadi ciri khas dari Kabupaten Muba seperti kemplang, ikan asin, ikan salai dan lainnya. 

“Dalam melakukan usaha ini harus bekerja secara kelompok agar dapat membantu sistem perekonomian masyarakat," pungkasnya. (ch@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.