Notification

×

Tag Terpopuler

Jadi Agen Pegadaian Bisa Kantongi Rp1,5 Juta Perbulan

Monday, August 31, 2020 | Monday, August 31, 2020 WIB Last Updated 2020-08-31T15:31:49Z

 

HM Aris Suroso sebagai Vice Presiden Bisnis PT Pengadaian Area Sumsel Babel (Foto:Ocha)

Palembang, SP - PT. Pegadaian area Sumsel Babel menawarkan kepada masyarakat umum untuk bisa menjadi agen di perusahaan milik negara ini dan siapapun bisa menjadi agen pegadaian.

Saat di temui  HM Aris Suroso sebagai Vice Presiden Bisnis PT Pengadaian Area Sumsel Babel mengatakan,"Agen pegadaian tujuan adalah bagaimana cara pemberdayaankan baik masyarakat dan komunitas untuk sama-sama memasarkan pegadaian dan akan mendapatkan timbal balik merupakan insetif dengan cara memasarkan produk pegadaian,"Senin ( 31/8/2020).

"Sebenarnya simpel agen pegadaian ini yang biasanya dari ibu rumah tangga, mahasiswa, pedagang, ataupun pegawai negeri bisa menjadi agen pegadaian. Tugasnya adalah memasarkan produk pengadaian,"katanya.

Dia menambahkan, Ada tiga posisi agen yang ditawarkan yakni agen pemasaran, agen pembayaran dan agen gadai. Agen pemasaran merupakan agen yang paling gampang karena agen hanya menjelaskan dan mempromosikan  produk produk pegadaian, penyampaian informasi, tanpa perlu deposit.

Kemudian ada agen pembayaran yang bertugas membantu masyarakat membayar transaksi pegadaian  tanpa harus ke outlet pegadaian.

Namun untuk agen pembayaran ini harus memiliki deposit, dan agen pembayaran, diharapkan agen tersebut sebelumnya sudah akrab dengan sistem pembayaran online sehingga tidak mengalami kesulitan saat melakukan transaksi," katanya.

Agen gadai di mana masyarakat dapat menggadaikan barangnya pada agen tanpa harus ke kantor pegadaian.

Untuk agen gadai harus orang yang ahli contohnya seperti pemilik toko emas, toko elektronik atau pemilik counter handphone, karena biasa nya yang di gadaikan berupa emas, handphone dan elektronik, mereka yang mempunyai kemampuan untuk menafsir harga barang yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang ahli dan telah terlatih sebelumnya,"bebernya.

Misalnya kalau toko emas, pasti sudah biasa mempertimbangkan satu barang bernilai berapa. Sama halnya dengan pemilik konter handphone, bisa melihat kekurangan dari sebuah handphone bekas untuk menentukan harga yang sesuai,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan masyarakat bisa mendaftar menjadi agen Pegadaian, baik secara perseorangan maupun kelompok usaha atau komunitas dengan memenuhi syarat-syarat tertentu.

Pertama, masyarakat yang ingin menjadi agen Pegadaian harus melakukan pendaftaran administrasi di kantor pegadaian di sarankan yang terdekat dengan tempat tinggal. Proses administrasinya tidak sulit, hanya mengisi biodata lengkap, dan menyertakan identitas seperti KTP, ” ujar Aris.

Kemudian akan mendapatkan produk nolet terlebih dahulu, dapat nomor registrasi, dan nanti di berikan sertifikat sebagai agen, lalu silahkan menjelaskan kepada masyarakat sekitarnya seperti keluarga, kerabat, kawan kawan nya maupun semua orang yang biasa ia temui.

Agen Pegadaian juga mempunyai tempat untuk melakukan transaksi seperti toko atau warung. Namun menjadikan rumah sebagai tempat transaksi pun tidak menjadi masalah, Asalkan tempatnya jelas dan orang-orang bisa dengan mudah menemukan,” tukasnya.

Setiap agen diberikan target, "tentunya agen yang produktif akan mendapatkan penghasilan dan sharing fee yang kompetitif, risingnya 0,75 persen dari transaksi, misalnya Rp 200 juta perbulan maka si agen akan mendapatkan Rp 1,5 juta perbulan, " punkasnya. (Ocha)

×
Berita Terbaru Update