Notification

×

Tag Terpopuler

PAC ABPEDNAS Suak Tapeh Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD

Friday, August 21, 2020 | Friday, August 21, 2020 WIB Last Updated 2020-08-21T06:38:21Z


BANYUASIN, SP - Pengurus Anak Cabang (PAC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Peningkatan Kapasitas BPD menuju desa maju, mandiri dan sejahterah. Bimtek tersebut digelar di Hotel The Zuri Palembang.


"Bimtek tersebut berlangsung selama empat hari tiga malam yang dimulai sejak Sabtu 20 Agustus 2020. Dan hari ini Minggu 21 Agustus 2020 sudah memasuki hari yang ke dua," Kata Wakil Ketua PAC ABPEDNAS Kecamatan Suak Tapeh Eta Ismanto, S.Sos ketika dihubungi lewat pesan WhatsApp, Minggu (21/08).


Eta panggilan akrabnya menyebut, dirinya sangat mengapresiasi pada Pemkab Banyuasin yang telah mengadakan Bimtek penguatan kapasitas PAC ABPEDNAS Kecamatan Suak Tapeh yang dibekali sejumlah materi, seperti tugas BPD, tata cara penyusunan peraturan desa, perencanaan pembangunann hingga pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.


Dikatakan Era, bahwa BPD memiliki peran yang strategis bagi jalannya pemerintahan desa. Seiring dengan meningkatnya anggaran desa, kapasitas BPD juga harus terus ditingkatkan untuk memperkuat fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.


“Dengan mengikuti bimtek peningkatan kapasitas semacam ini diharapkan BPD bisa dengan optimal melakukan fungsi-fungsinya sebagai mitra pemerintah desa untuk mengawal jalannya pembangunan di desa," tegas dia.


Ditambahkan Eta, BPD adalah mitra pemerintah yang harus bisa bersinergi dengan aparat desa. “Karena mitra, sudah semestinya BPD bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan pemerintah desa. Jangan ada lagi BPD yang turunkan kepala desa dan lain sebagainya. Kalau pun ada pemikiran yang beda, segera dicari solusinya,” tandas dia. (Adm)

×
Berita Terbaru Update