WBP Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Pelatihan Montir

Kalapas Narkotika Klas IIA Muara  Beliti Rudik Saat Menerima Kedatangan Sejumlah Wartawan di Ruang Kerjanya

MUSIRAWAS, SP -
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika  Klas IIA Muara Beliti, Musi Rawas menggelar pelatihan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Adapun pelatihan montir yang diberikan yakni teknisi AC rumah, pelatihan instalasi listrik, bengkel mobil dan motor dan lainnya. Pelatihan ini bekerjasama dengan  Balai Latihan Kerja (BLK ) kota Lubuk Linggau. Demikian dikatakan Kepala Lapas Narkotika Muara Beliti, Rudik Erminanto, Bc.IP, S.H, M.H, kemarin.

Dikatakan Kalapas, selain membekali WBP ilmu bermaanfaat selepas menjalani pembinaan, pelatihan juga bertujuan untuk mengusir rasa jenuh bagi tahanan. 

"Warga binaan disini total 796 orang dengan rincian 739 orang Napi dan sisanya 57 orang adalah tahanan ," ujar Kalapas.

Menurutnya, dengan jumlah sebanyak itu, Lapas Narkotika Muara Beliti sudah over kapasitas, karena idealnya  hanyadi huni sekitar  200 orang, untuk mensiasati dalam pengawasan pegawai Lapas melakukan patroli siang malam.  "Kalau diasumsikan dengan persen terjadi over kapasitas sebesar 300 persen, bisa dibayangkan kesulitan yang dialami pegawai Lapas dalam melakukan penilaian terhadap anak binaan,l" ujar Rudik.

Dijelaskan Rudik, dalam 3 bulan terakhir penghuni Lapas mengalami lonjak signifikan. "Selama pandemi bukannya terjadi penurunan,  tapi sebaliknya terjadi peningkatan, " pungkasnya. (Efran)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.