Antisipasi Banjir, BBWS Sumatera VII Siagakan 39 Pompa Portable

Ilustrasi Pompa Air, (foto/net)

PALEMBANG, SP
- Menghadapi musim penghujan tahun ini, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VII menyiapkan 39 pompa portable, guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Kepala BBWS Sumatera VII, Birendrajana mengatakan, titik genangan banjir di Kota Palembang saat ini mencapai 33 lokasi. Untuk itu optimalisasi penggunaan pompa akan difokuskan pada area rawan banjir seperti di Sekip Bendung.

"Kalau dilokasi lain seperti kawasan Kantor Gubernur, depan Damri lebih kepada sistem drainase yang menjadi penyebab banjir, dan tahun ini juga sudah diperbaiki mudah-mudahan tidak banjir lagi," katanya.

Ia mengatakan, untuk menyelesaikan permasalahan banjir mereka menyiagakan 39 pompa portable yang siap digunakan bila sewaktu-waktu banjir terjadi di Sumsel khususnya di Kota Palembang. 

"Dari 39 itu, dua diantaranya kapasitas sedotnya lebih besar 1000 m3/jam. Sementara lainnya ada yang 25 meter kubik, ada pula yang 15 meter kubik," katanya.

Menurut dia, pihaknya memaksimalkan  persiapan tanggap bencana banjir baik untuk Kota Palembang dan kota-kota lainnya di Sumsel. Untuk di Kota Palembang sendiri, selain siaga peralatan, petugas BBWS juga standby untuk sigap menanggulangi banjir akibat curah hujan yang tinggi. 

"Ada 60 petugas yang disiagakan untuk mobile," katanya.

Dikatakannya, banjir lebih disebabkan terjadinya sendimentasi dan sampah di anak-anak sungai. Untuk itu pihaknya pada tahun depan akan melakukan pengerukan Sungai Sekanak dan Sungai Bendung. "Hal ini seiring dengan restorasi Sekanak dan Bendung untuk pengoptimalan pompa Bendung," katanya. (Ara)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.