KPU OKU Timur Distribusikan APD

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI. (Foto: GPN) 

MARTAPURA, SP -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur mendistribusikan Alat Plindung Diri (APD) kepada seluruh petugas yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Bumi Sebiduk Sehaluan. Guna mencegah penularan COVID-19 saat pemungutan suara. 

“APD didistribusikan secara berjenjang dari KPU kabupaten ke PPK, PPS, KPPS. Seluruh APD itu akan digunakan saat pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020,” kata Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI, Jumat (27/11/2020).

Adapun APD yang didistribusikan berupa, hand sanitizer, sabun cuci tangan, cairan disinsfektan, face shield, semprotan, fasilitas cuci tangan (ember), tisu, sarung tangan plastik, baju hazmat, kantong plastik hitam dan lain-lain.

"Karena sudah menjadi ketentuan dan kewajiban sehingga kita harus mematuhi protokol kesehatan," ungkapnya.

Herman juga menambahkan, pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini memang berbeda mengingat dilaksanakan ditengah-tengah mewabahnya virus Covid-19, sehingga butuh kerja yang ekstra dan harus mematuhi protokol kesehatan.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkada di daerah kita berjalan lancar," katanya.

Disisi lain Herman juga menjelaskan, KPU OKU Timur sudah menerima surat suara. Jumlah surat suara yang diterima sebanyak 476.676, surat suara ulang 2000 sehingga total surat suara yang diterima berjumlah 478.676.

Surat suara dikirim melalui ekspedisi dari perusahaan pihak ke tiga, kemudian disimpan ke gudang yang ada di gedung Asrama Haji. Setelah surat suara diterima dilakukan sortir lipat untuk mengetahui apakah jumlah surat suara sudah cukup apa belum.

“Langkah selanjutnya packing sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) per Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tambahnya.

Setelah disortir lipat surat suara dimasukkan ke kotak sebelum didistribusikan. Pendistribusian surat suara dilakukan secara berjenjang ke PPK, PPS, KPPS dan dalam pengawalan dari KPU dan dan pihak kepolisian.

“Antisipasi jika terjadi kekurangan langsung membuat berita acara ke perusahaan untuk dilakukan penambahan,” ujarnya.

Dia menambahkan, surat dan kota suara sudah bungkus dengan plastik sehingga lebih aman. Saat distribusi menggunakan truk dikawal petugas dari KPU dan Polisi. Berdasarkan pengalaman wilayah Semendawai Timur yang sulit dijangkau dampak kondisi. Namun sekarang jalan sudah bagus sehingga mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pendistribusian surat suara. (gpn) 


Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.