Bupati Muba Serahkan Penghargaan Kepada PTPN VII Unit Betung

Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA kepada Manajer PTPN VII Unit Betung Tri Sutanto SP, saat memperingati Hari Perkebunan Nasional (Harbunas) Ke-63 Tahun 2020 

MUBA, SP – Sejumlah  prestasi telah ditorehkan PTPN VII Unit Betung.Kali ini, perusahaan “plat merah” yang beroperasi di Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin  itu menerima penghargaan atas prestasinya dalam pengelolaan kebun secara maksimal dan berkelanjutan untuk kriteria penilaian usaha perkebunan tahap operasional.

Penghargaan tersebut diserahkan Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA kepada Manajer PTPN VII Unit Betung Tri Sutanto SP, saat memperingati Hari Perkebunan Nasional (Harbunas) ke-63 Tahun 2020  di Gedung Opp Room Musi Banyuasin, Kamis (17/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Bupati Muba berpesan kepada OPD dan pihak terkait untuk meningkatkan produktivitas yang sudah dilakukan selama ini dengan mereplanting kelapa sawit, dan karet. Dan untuk mendapatkan hasilnya yang lebih bagus kini digunakan digitalisasi.

Pekebun dapat mendirikan pabrik CPO ke IVO sendiri, dapat memproduksi sendiri CPO maupun IVO sebagai bahan baku Biohidrokarbon (green diesel, bensin sawit dan avtur). Kemudian melanjutkan hilirisasi.

“Ini penting karena nilai tambah petani dan pekebun karet dan sawit bisa tambah besar,” Jelasnya.

Lebih lanjut Dodi Reza meminta agar dapat menggunakan teknologi untuk tes DNA bibit sawit berkualitas pertama kali di Indonesia. Juga mengunakan teknologi untuk mesin sentrifugal untuk menghasilkan karet lateks, “Jadi pengunaan teknologi kedepanya sangatlah penting” tambah dia.

Terakhir Dodi mengatakan bahwa Muba bisa menjadi ujung tombak diplomasi sawit Indonesia. Caranya, adanya kelembagaan yang kuat dan rencana aksi sustainable keberlanjutan.

Terpisah, Manajer PTPN VII Unit Betung Tri Sutanto SP didampingi Asisten SDM dan Umum Agus Lesmono SH saat dikonfirmasi usai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin kepada PTPN VII Unit Betung.

Menurut Tri Sutanto, penghargaan yang diberikan merupakan pengakuan pemerintah terhadap operasional perusahaan karena telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bidang Usaha Perkebunan.

“Unit Betung selama operasional Tahun 2020 dianggap telah dapat melakukan pengelolaan kebun secara maksimal dan berkelanjutan, untuk kriteria penilaian usaha perkebunan yang kami dapatkan yaitu penilaian Baik dan dikategorikan Kelas Kebun II (Baik), ” Jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, untuk tahun-tahun selanjutnya PTPN VII Unit Betung khususnya akan berusaha mempertahankan dan bahkan meningkatkan penilaian menjadi Kelas Kebun I (Sangat Baik). “Kami juga akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan dinas terkait usaha perkebunan di Kabupaten Musi Banyuasin, sehingga kami juga dari sisi perusahaan akan terayomi dan punya panduan dalam melakukan operasional usaha yang kami lakukan,” Pungkasnya. (ch@)


Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.