Notification

×

Tag Terpopuler

Gerakan Pramuka Muba Peringati Hari Baden Powell

Monday, February 22, 2021 | Monday, February 22, 2021 WIB Last Updated 2021-02-22T08:36:40Z
MUBA, SP- Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin menggelar upacara peringatan Hari Baden Powell ke -164 yang tak lain adalah pendiri Gerakan Kepanduan Dunia Baden Powell dipusatkan di halaman Kantor Camat Lais,  Senin (22/2/2021).

Adapun rangkaian kegiatan peringatan Hari Bapak Pandu Dunia ke-164 antara lain penyerahan piagam penghargaan kepada kwartir cabang gerakan Pramuka Musi Banyuasin kwaran Sungai Lilin dan Kwaran Lawang Wetan, penyerahan bantuan bedah rumah tidak layak huni sebesar Rp. 30.700.000, kepada salah satu warga Desa Purwosari, tambahan modal usaha untuk 75 orang pelaku UKM Kecamatan Lais masing-masing Rp. 1.300.000,- serta bantuan pembangunan 1 unit WC untuk MTs Tarbiah Islamiyah Epil Rp. 5.000.000.

Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, upacara peringatan Hari Baden Powell ke 164 yang jatuh pada 22 Februari 2021 atas dasar UU Negara Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 07 tahun 2018 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Program Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin 2021 masa bakti 2017-2022.
Menurutnya, kegiatan dihadiri 150 orang Dewan Kerja Ranting Musi Banyuasin, tamu dan undangan sebanyak 254 orang terdiri Dandim 0401Sekayu-03/Sekayu, Kapolres Muba, Danram-il Sekayu, Kapolsek Lais, Kepala Dinas, wakil-wakil ketua andalan dan pelatih Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin, Kamabiran se-Musi Banyuasin, unsur kwaran se-Musi Banyuasin, Kwaran Lais.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Musi Banyuasin sekaligus pemimpin upacara, Drs H Apriyadi MSi, mengaku bangga atas terlaksananya kegiatan kepramukaan guna memperingati hari Baden Powell ke-164 tingkat Kabupaten Musi Banyuasin dengan tema Mari Bersama Kita Wujudkan Bangsa yang Berkarakter dan Bermanfaat melalui Gerakan Pramuka.

"Kita ucapkan terima kasih dan bangga kepada pemimpin kita yang sudah memberikan support untuk kegiatan kepramukaan di Kabupaten Musi Banyuasin," jelasnya. 

Apriyadi mengatakan, dengan situasi dan kondisi bangsa yang sedang berlangsung selama 1 tahun terakhir ini, banyak sekali permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia, baik moral, etika, perilaku maupun permasalahan sosial termasuk bencana non alam maupun bencana alam.

"Oleh karena itu, momentum yang baik melalui peringatan Hari Baden Powell, saya mengajak kepada semua pihak terutama kakak-kakak yang tergabung dalam gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin, mari kita sama-sama melaksanakan kegiatan, kita tingkatkan disiplin, moral, etika, perbaiki mental, baik selaku pembina Pramuka maupun anak-anak generasi penerus yang akan meneruskan pembangunan mengisi kemerdekaan ini," imbuhnya. 

Meningkatnya teknologi informasi saat ini menurut Apriyadi banyak memberikan pengaruh, baik positif maupun negatif bagi manusia. 

"Oleh karena itu, kewajiban kita untuk memberikan kisi-kisi di dalam memberikan pembelajaran peningkatan moral kepada anak-anak kita, bahwa kita ini adalah bangsa Indonesia adalah orang-orang yang berasal dari timur yang mempunyai etika yang baik etika dan sopan santun yang baik mental dan moral yang mumpuni," tegasnya. 

Apriyadi tak lupa menghimbau masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dikarenakan hingga kini virus corona masih mewabah.
"Mari kita sama-sama melakukan pola hidup bersih dan sehat sehingga dapat menjaga imunitas kita masing-masing, sehingga kita dan keluarga terjaga dari COVID-19," pungkasnya. 

Terpisah, Kepala Sekolah MTs Tarbiyah Islamiyah Desa Epil mengucapkan terimakasih atas bantuan yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin kepada pihaknya. 

"Alhamdulillah, usai upacara beberapa warga mendapatkan bantuan dari Pemkab Muba, diantaranya adalah MTs Tarbiyah Islamiyah Epilenera bantuan berupa pembangunan 1 unit WC senilai 5juta," ujar Eti Tamsiyati SAg. (ch@) 

×
Berita Terbaru Update