Meningkat Drastis, Kasus Covid-19 di Palembang Bertambah 144


PALEMBANG, SP -
Masyarakat Kota Palembang harus terus mewaspadai penyebaran Virus Corona. Pasca lebaran ini, Dinas Kesehatan Kota Palembang mendata, Sabtu (23/5/2021) kasus Covid-19 di Kota Palembang bertambah 144.

Berdasarkan data rekapitulasi Dinas Kesehatan, biasanya kenaikan angka kasus tidak sampai angka 100, namun pasca Lebaran Idul Fitri ini hampir mendekati angka 200.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan, pihaknya belum dapat menyimpulkan jika kenaikan kasus Covid-19 lantaran mudik lebaran yang dilakukan sebagian besar masyarakat. 

"Kita lihat 3 hari ke depan karena kemaren sempat numpuk karena ada beberapa data yang belum sempat dikonfirmasi oleh pihak puskesmas," katanya, Minggu (23/5/2021).

Dinas Kesehatan mendata memang terjadi trend lonjakan kasus baru sejak tiga hari terakhir, Tanggal 20 Mei ada 39 kasus, 21 Mei ada 77 kasus, dan 22 Mei ada 144 kasus.

Meningkatnya kasus pasca lebaran ini dimungkinkan karena penerapan protokol kesehatan masyarakat sudah longgar. Terlebih karena menjelang lebaran dan pada saat lebaran mobilisasi masyarakat sangat tinggi. Mulai persiapan lebaran maupun bersilaturahmi pada saat lebaran.

"Sebaiknya masyarakat memang taat prokes termasuk mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun, berdasarkan informasi pada 17 Mei lalu wisma atlet dibuka kembali untuk tempat isolasi Covid-19," katanya. 

Sementara itu Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan kenaikan kasus lantaran mudik lebaran. Menurutnya, pihaknya telah melarang masyarakat untuk mudik sesuai arahan pemerintah pusat. 

"Antisipasinya kita terapkan 3T (tracing, testing dan treatment) lebih baik lagi agar semua terpantau dan tertangani," katanya. (Ara).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.