Bawaslu Pagar Alam Ajak Siswa-Siswi Awasi Pemilu Minimalisir Kecurangan

PAGARALAM, SP - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pagaralam, memberikan sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilih Pemula  terhadap puluhan siswa-siswi dari beberapa sekolah yang ada di Kota Pagaralam.

Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Anggota Komisioner Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Kota Pagar Alam, Emi Desartika, bertempat di Aula Hotel Favour, Jum'at (10/09/2021) kemarin,  dirinya menyampaikan tugas-tugas sebagai pengawas pemilu kepada seluruh peserta sosialisasi.

Menurutnya, peran dan tugas Bawaslu adalah melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu juga sengketa saat proses pemilu, selanjutnya tugas Bawaslu adalah mengawasi yang terdiri dari mengawasi persiapan penyelenggara pemilu, mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggara pemilu, mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara, mengawasi keputusan, dan mengawasi pelaksanaan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain menyampaikan tugas pokok dari Bawaslu, Emi juga mengajak seluruh siswa agar ikut serta menjadi pengawas partisipatif dalam perhelatan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota juga DPRD yang akan datang.

"jika nanti menemui adanya kecurangan dalam pemilihan agar siswa peserta sosialisasi ini dapat melaporkan kepada Bawaslu Kota Pagaralam dan selanjutnya dapat ditelusuri kebenaran informasi awal tersebut," ujar Emi Desartika.

karena itu, lanjut Emi,  tujuan dari pemilihan Walikota dan Wakil Walikota juga DPRD nanti adalah untuk melahirkan pemimpin yang terbaik.

"Kepada seluruh siswa agar untuk meningkatkan partisipasi memilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota juga DPRD nanti, agar tingkat partisipati pemilih setiap tahunnya terus meningkat," pungkasnya seraya menyampaikan kepada seluruh peserta sosialisasi agar nanti setelah selesai mendengarkan sosialisasi ini dapat menyampaikan juga kepada teman dan keluarga.

"Sampaikan kepada keluarga dan teman." Tutup nya.(Rep)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.