PERINGATAN HARI KONTRASEPSI SEDUNIA DI TENGAH PANDEMI COVID-19


PALEMBANG, SP - Hari Kontrasepsi Sedunia (World Contraception Day) diperingati tiap 26 September 2021. Tahun ini Hari Kontrasepsi menyoroti dampak Covid-19.

Pada tahun ini, Hari Kontrasepsi Sedunia menyoroti dampak negatif pandemi Covid-19 pada kontrasepsi."Pandemi Covid-19 telah berdampak negatif terhadap kesejahteraan perempuan dalam berbagai cara, termasuk kontrasepsi, keluarga berencana, dan kekerasan berbasis gender,".

Data mencatat, lebih dari jutaan kehamilan yang tidak diinginkan terjadi dalam enam bulan pertama lockdown atau saat kasus Covid-19 meningkat di seluruh dunia. Selain itu, sebanyak 500 ribu perempuan terpaksa menikah dan 31 juta tambahan kasus kekerasan berbasis gender terjadi.
Oleh karena itu, Hari Kontrasepsi Sedunia mengajak setiap orang untuk dapat memahami penggunaan kontrasepsi dan seks yang aman untuk mencegah kehamilan yang tidak terencana. Pendidikan mengenai keluarga berencana juga perlu ditingkatkan.

"Di bawah hukum hak asasi manusia internasional, negara harus memastikan layanan kesehatan seksual dan reproduksi, termasuk bentuk kontrasepsi modern, dan informasi dan pendidikan tentang keluarga berencana," tulis PBB di situs resmi mereka.


Kontrasepsi memungkinkan keluarga untuk merencanakan kehamilan dan mengatur jarak anak. Kontrasepsi juga dapat meningkatkan peluang ekonomi bagi perempuan.Dalam rangka  peringatan Hari Kontrasepsi ini banyak rangkaian  kegiatan kegiatan yang di laksanakan oleh DPPKB Kota Palembang seperti halnya melaksanakan pelayanan KB serentak di 18 Kecamatan dalam Kota Palembang .


Pencanangannya di adakan di tempat Praktek Bidan Wiwiet Wulandari .SST.M.Kes di Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Kertapati  pada tanggal 23 September 2021 bekerjasama dengan Mitra kerja yaitu dengan Kodim 0418 Palembang,dan Ikatan Bidan Indonesia Kota Palembang dan dihadiri oleh Sekretaris Camat Kerta Pati, Ketua IBI Kota Palembang dan  dari perwakilan Kodim 0418 beserta ibu ibu Bhayangkara , dan Alhamdulillah pelayanan KB serentak melebihi target yang di tentukan. ujar Kadin DPPKB Kota Palembang Drs.Edwin Effendy.M.Si. (adv)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.