Yuk Mengenal Lebih Dekat Lagi : Apa Itu Vasektomi ?

PALEMBANG, SP - Vasektomi adalah salah satu KB permanen yang bisa dijalani oleh seorang pria untuk mencegah kehamilan pada pasangan. Vasektomi merupakan metode kontrasepsi yang sifatnya permanen, tapi tidak menghalangi pria untuk mengalami ejakulasi dan orgasme. Berikut informasi selengkapnya mengenai vasektomi atau lebih dikenal sebagai sterilisasi.

Seberapa Ampuh Vasektomi Dalam Mencegah Kehamilan? 

Vasektomi adalah salah satu jenis kontrasepsi yang paling efektif dengan tingkat keberhasilan mencapai 99 persen. Artinya, kurang dari 1 di antara 100 orang wanita yang hamil setelah satu tahun pria menjalani prosedur vasektomi.

Vasektomi dilakukan dengan menjalani prosedur operasi yang dilakukan dengan cara memotong vas deferens, yakni saluran berbentuk tabung kecil di dalam  skrotum yang membawa sperma dari testikel menuju penis.

Waktu yang direkomendasikan kepada laki-laki untuk melakukan tes lanjutan demi memastikan tidak ada sperma yang tersisa di kepala penis setelah vasektomi adalah 8-16 minggu. Selain itu, pada beberapa kasus, saluran vas deferens bisa terhubung kembali secara tidak terduga. Namun, kondisi ini adalah hal yang tergolong jarang terjadi setelah prosedur vasektomi dijalankan.

Hal yang perlu dipahami, Anda masih bisa membuat pasangan Anda hamil hingga  jumlah sperma Anda benar-benar nol. Hingga saat itu, Anda harus tetap menggunakan metode kontrasepsi lain, setidaknya sampai tiga bulan setelah vasektomi. Hal ini disebabkan, biasanya masih ada sisa-sisa sperma yang mengapung di sekitar ujung bukaan vas deferens. (adv)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.