Notification

×

Tag Terpopuler

Bupati Enos, Dukung Penuh Semangat Wujudkan Desa Cantik di OKU Timur

Monday, August 01, 2022 | Monday, August 01, 2022 WIB Last Updated 2022-08-01T13:40:59Z

 


OKU TIMUR, SP- Pemerintah Kabupaten OKU Timur dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatra Selatan melakukan pencanangan pelaksanaan Program Desa Cantik dan Nota Kesepahaman dikarenakan akan melaksanakan Program Desa dan Kelurahan Cinta bersama BPS kegiatan ini disinergitas dengan Sumsel Mandiri Pangan, Senin 1 Agustus 2022, berlangsung di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur.


Mendukung acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. didampingi Kepala BPS Provinsi Sumatea Selatan Dr. Ir. Zulkipli, M.Si., Sekda, Kepala BPS OKU Timur, Kepala OPD, Camat dan Para Kades di Kabupaten OKU Timur.


Sebelumnya laporan Sekretaris Daerah Jumadi, S.Sos. yang dilanjutkan deklarasi pernyataan dukungan Desa Cantik oleh Ketua Forum Kades, mendengarkan pembacaan capaian penghargaan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur dalam satu tahun masa kepemimpinannya. Acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah kabupaten dengan BPS OKU Timur.


Laporan Kepala Badan Pusat Statistik BPS Provinsi Sumatra Selatan Dr. Ir. Zulkipli, M.Si. menyampaikan, salah satu program yang akan dilaksanakan BPS di tahun 2022 adalah Pembinaan Desa Cantik. 


"Desa Cantik, Desa Cinta Statistik, pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. Program ini telah dilaksanakan di tahun 2021 dan akan dilaksanakan kembali di tahun 2022" ungkapnya.


Dia mengatakan, tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. 


Tujuan lain agar standarisasi dalam pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik dan selanjutnya dilakukan optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. 


"Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan, dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan serta memiliki potensi wisata atau potensi produk unggulan" jelasnya.


Sementara itu Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T dalam arahannya mengatakan, kegiatan program desa cantik yang akan dilaksanakan pihaknya menyambut baik bahkan memberikan dukungan penuh.


"Kepada kepala desa di OKU Timur agar memberikan beri data selengkapnya pada Pusat statistik sehingga program ini dapat terwujud apa yang di butuhkan statistik" imbuhnya.


Ia menilai, kegiatan ini tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat.


Dengan dukungan dari semua pihak, diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia. 


Kini saatnya desa di OKU Timur agar bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona. Mari kita Sukseskan Desa Cantik.


Kegiatan dilakukan di akhir acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi dukungan bersama semua pihak terkait sehingga pelaksanaan program Desa cantik yang disinergiskan dengan gerakan Sumsel Mandiri Pangan. (Tim Diskominfo) 

×
Berita Terbaru Update