Notification

×

Tag Terpopuler

Respon Cepat Bupati OKU Timur Terhadap Warga yang Menderita Tumor

Thursday, October 20, 2022 | Thursday, October 20, 2022 WIB Last Updated 2022-10-20T08:59:37Z



OKU TIMUR, SP - Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T. merespon cepat terhadap salah satu warganya yang terbaring lemah karena menderita penyakit tumor di dalam perutnya, ia memerintahkan langsung jajarannya untuk segera menindaklanjuti. Kamis, 20 Oktober 2022.


Kepala UPTD Puskesmas Jayapura Kecamatan Jayapura Asmu'i, S.K.M., M.Kes. membenarkan jika ada salah satu warga Desa Mendah Ningsih (48) mengalami sakit tumor di dalam perutnya. 


Ia menceritakan bahwa pasien pada tahun 2021 pernah di rujuk ke RSUP Dr. Moh. Hoesin di Palembang, namun karena rujukan penuh maka pasien dialihkan rawat jalan. Setelah rawat jalan selama hampir setahun, pasien hanya berobat alternative dan fasyankes setempat sesuai dengan BPJS (dr. Fahrizal). 


"Keluarga pasien sempat menghubungi saya untuk mendapatkan rujukan ke RS Charitas, dan saya menyarankan pasien di bawa dulu ke puskesmas agar bisa diperiksa oleh dokter, nanti dokter yang akan merujuknya secara online melalui picare sesuai fasyankes yang tertera di kartu. Pada tanggal 17 Oktober 2022 pasien mendapat rujukan ke RS Charitas Belitang" jelas Asmu'i.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur Zaenal Abidin, S.SiT., M.M. menyampaikan bahwa pasien selama ini telah ditangani oleh dr. Fahrizal selaku fasyankes pilihan pasien.


Ditambahkan Zaenal, Dinkes OKU Timur telah melakukan tindakan berupa menurunkan tim sejak tadi malam untuk melakukan tindakan yang berkaitan dengan penyakit pasien.


Tidak hanya itu, Dinkes juga telah berkomunikasi dengan pihak BPJS untuk memindahkan BPJS pasien dari mandiri menjadi tanggungan Pemkab OKU Timur.


"Jadi ke depannya BPJS pasien itu yang menanggung pihak Pemkab OKU Timur" jelas Zaenal.


Zaenal melanjutkan bahwa pada hari ini pasien kembali dirujuk ke Palembang dengab difasilitasi mobil ambulance dari Pemkab OKU Timur. (*)

×
Berita Terbaru Update