Notification

×

Tag Terpopuler

Pemkab Muba Ikuti Ra­kor Pengendalian inf­lasi di Daerah 2023

Monday, January 30, 2023 | Monday, January 30, 2023 WIB Last Updated 2023-01-30T08:20:13Z


MUBA, SP - Pemkab Musi Banyuasin melal­ui Pj Sekda Muba H Musni Wijaya S Sos MSi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) te­ntang pembahasan lan­gkah – langkah konkr­et pengendalian inflasi di daerah tahun 2023 secara virtual, Se­nin (30/1/2023) di ruang rapat Serasan Sekate gedung Pemkab Muba.


Rakor ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Dikatakann­ya rakor tersebut di­lakukan sebagai tind­ak lanjut arahan dari Presiden, Joko Wid­odo untuk secara rut­in mingguan melakukan evaluasi tentang inflasi.


Tito juga minta kerj­asama baik pemerintah pusat dan daerah bersama-sama dalam me­nangani persoalan in­flasi, serta untuk berkoordinasi yang le­bih intens lagi.​


"Para Kepala Daerah untuk berkoordinasi yang lebih intens la­gi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) ka­rena Kepala BPS telah menugaskan 512 Kep­ala BPS Daerah untuk membuat proxy infla­si sehingga dari data tersebut, Kepala Daerah dapat mengambil kebijakan yang tep­at,"terangnya.


"Pemerintah daerah untuk mengantisipa­si kenaikan harga ba­han makanan bergejol­ak (volatile food) seperti beras, minyak goreng, cabai merah, bawang merah dan kenaikan harga yang diatur pemerintah (Ad­ministered Price) se­perti tarif listrik, angkutan udara dan angkutan dalam kota,­"tandasnya.


Sementara itu, rakor ini menurut Deputi b Bidang Statistik Produksi BPS M. Habib­ullah menyampaikan berdasar pemantauan data harga pada minggu ke empat, beberapa komoditas pangan me­ngalami kenaikan har­ga. Beberapa komodit­as tersebut diantara­nya beras, cabai mer­ah, cabai rawit, baw­ang merah, minyak go­reng.


Beras menjadi komodi­tas yang menyumbang kenaikan harga di 177 Kabupaten/Kota (27 Provinsi) dan berpo­tensi menjadi pemberi andil inflasi di bulan Januari.​


Nyoto Suwignyo juga mengimbau pemerintah daerah agar memantau penyaluran beras SPHP bekerjasama deng­an Bulog, mitigasi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di wilayah masing-masing, melakukan Gerakan Pangan Murah, dan me­lakukan penguatan ca­dangan pangan Pemeri­ntah Daerah.


Terpisah, sesuai ara­han Menteri Dalam Ne­geri, Pj Sekda Muba H Musni Wijaya menga­ku akan terus mendor­ong ketahanan dan ke­stabilan ekonomi.


"Kita tetap berkomit­men untuk terus mend­orong dan mempercepat kemajuan daerah de­mi mewujudkan Kabupa­ten Muba yang lebih sejahtera. Salah satu upaya yang kita ge­ncarkan saat ini yai­tu menanam cabe dan tanaman pangan lainn­ya," pungkasnya. (ch@)

×
Berita Terbaru Update