Notification

×

Tag Terpopuler

Mei 2023, IPAL Sei Selayur Beroperasi

Thursday, February 02, 2023 | Thursday, February 02, 2023 WIB Last Updated 2023-02-02T08:09:26Z



PALEMBANG, SP - Pembangunan tanpa pertama Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur, Kota Palembang selesai 20 Februari 2023.


Dengan progres saat ini mencapai 93 persen, diyakini pada Mei mendatang proses commisioning atau ujicoba IPAL akan dilakukan. 


Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, proses ujicoba membutuhkan 1.500 liter limbah cair dari 1.400 SR (sambungan rumah).


"1.400 SR ini diutamakan dulu untuk ujicoba pada Mei atau paling lama Juni 2023," katanya usai meninjau IPAL Sei Selayur, Kamis (2/2/2023).


Harnojoyo mengatakan, ujicoba nantinya kawasan yang disasar untuk pemasangan pipa ada di wilayah Merdeka juga Palembang Indah Mall (PIM).


"Pemasangan pipa pertama itu untuk perkantoran, perusahaan, seperti di Merdeka, PIM, Sekanak," katanya.


Pemasangan pipa IPAL ke rumah-rumah warga total 22 ribu SR ini akan dilakukan secara bertahap. 


"Dimulai dari tahun ini sudah dianggarkan Rp26 miliar, kemudian 2024 dan 2025," katanya.


Tingginya biaya pemasangan pipa ke rumah warga ini, Pemkot Palembang sharing dana dengan Pemprov Sumsel sebesar Rp20 miliar.


"Kita Rp26 miliar, Pemprov 20 miliar dan pusat membantu 1.100 sambungan," katanya.


Nantinya IPAL Sei Selayur ini akan dikelola oleh Perumda Tirta Musi (PDAM Tirta Musi), dan akan ada pengenaan tarif untuk setiap pelanggannya.


"Dikelola PDAM, nantinya ada tarif tapi masih dikaji besarannya," katanya.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak mengatakan, luas zona IPAL di Sei Selayur ini 5,7 hektar.


"Dengan kapasitas flow dari jaringan 20 juta liter/ hari dan kapasitas septage flow 1.100 liter/ hari," katanya.


"Pembangunan ini merupakan hibah Australia sebesar Rp465 miliar," katanya.


Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya mengatakan, untuk kesiapan warga menerima layanan ini, pihaknya menyerahkan kepada Pemkot untuk melakukan sosialisasi.


"Pemprov membantu dana pemasangan pipa jaringan ke rumah-rumah Rp20 miliar," katanya.


Seperti diketahui, nantinya air limbah dari rumah-rumah, mall, dan perkantoran, akan salurkan ke IPAL Sei Selayur dan diolah.


Limbah diolah sehingga setelah dikeluarkan kembali dan dialirkan ke sungai sudah berbentuk air bersih dan tidak mencemari lingkungan. (Ara)

×
Berita Terbaru Update