Notification

×

Tag Terpopuler

12 Calon Kades Tanda Tangani Fakta integritas Siap terpilih dan Tidak Terpilih

Tuesday, May 23, 2023 | Tuesday, May 23, 2023 WIB Last Updated 2023-05-23T13:16:26Z


OKU TIMUR,SP - Sebanyak 12 Calon Kepala Desa (Kades) yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yaitu desa Banyumas Asri, Kedu, Metro Rejo, Kumpul Rejo di Kecamatan Buay Madang Timur dan dari Kecamatan Belitang Jaya ada 2 desa yaitu desa Panca Tunggal dan desa Girimulyo.


Acara komitmen Bakal Calon Kades di adakan di Halaman Kantor Polsek Buay Madang Timur Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur, Selasa (23/05/2023). 


Sebelumnya pada Minggu (08/05/2023) lalu mereka telah resmi dinyatakan sebagai calon Kades dan mendapatkan nomor urut pemilihan.


Kapolsek Buay Madang Timur Ipda Sapariyanto SH menjelaskan Tujuan dari di kumpul kan nya Seluruh Bakal Calon Kepala Desa di Kantor Polsek Buay Madang Timur ini agar kiranya nanti di pemilihan tidak ada keributan atau zero konflik karena kalian adalah keluarga.


Ditetapkannya calon kepala desa sekaligus undian no urut calon kades 12 orang maka untuk memahami tahapan selanjutnya untuk menciptakan iklim yang sejuk saat Pilkades perlu deklarasi damai, Tegas Kapolsek. 


Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK. MH menerangkan bahwa baru Kali Ini Kabupaten OKU Timur ,Kapolres nya langsung turun dan mendengarkan Komitmen langsung dan bertatap muka dengan bakal calon Kepala Desa yang mengikuti pemilihan Kepala Desa di desanya masing-masing dan berharap tidak kejadian yang tidak kita inginkan, bakal calon Kades nantinya di harapkan dapat mengabdi di desanya dan bakal mengolah anggaran desa. 


Kapolres juga menambahkan Maksud dan tujuan deklarasi damai ini adalah untuk melaksanakan dan sukseskan Pilkades sesuai peraturan perundang undangan. Menciptakan, menjaga situasi yang tertib dan kondusif.tidak ada unsur SARA,Ras dan Agama karena kita sama di muka hukum karena kita Indonesia, Dan saya akan bertindak tegas apabila nanti ada kecurangan atau pengerahan massa, tegas Kapolres. 


Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri oleh 300 undangan terdiri dari Forkopimcam jajaran, Camat BMT M. Andrie SIP, Kabag Ops Polres OKU Timur Kompol Alex Andrean SH, Kasat Intel Polres OKU Timur Iptu Arie Gusman SE. MM, Kapolsek Belitang lll Iptu Doktor (C) Jhon Albert SH. MSI,MH,Danramil Kapten Inf Kasimin, Panitia Pengawas, Kades, Pj Kades, Plh Kades, ketua BPD, Ketua Pemilihan Kades, serta calon kades. Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, mereka juga mendatangani bersama komitmen tersebut di kertas putih yang disediakan.


Sementara itu,Kadin PMD H. Rusman SE. MM  mengucapkan selamat kepada bakal calon kades yang telah resmi menjadi calon kades. Di Kabupaten OKU ada 34 desa yang mengadakan Pilkades pada tanggal 08 juni 2023 nanti“Semoga senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa mengikuti tahapan Pilkades sampai selesai dengan baik,” katanya.


Pada kesempatan itu seluruh calon sengaja dikumpulkan guna melaksanakan ikrar damai secara seremonial, kegiatan ini dalam rangka agar semua calon kades menyamakan persepsi komitmen guna dukung Pilkades serentak jadi suatu ajang demokrasi yang bermartabat. Selain itu juga yang berintegritas, bebas Kampanye Hitam, Hoax, isu Sara, Ujaran kebencian, Money politic dan sebagainya.


“Saya titip kepada bapak ibu calon kades agar bisa bangun situasi kondusif di wilayahnya masing-masing di Pilkades 08 Juni nanti. Saya titip juga agar bisa saling bersaing dengan sehat.semoga damai aman dan maju lebih mulia,ujar Kadin PMD.


Ia menambahkan bahwa beda pilihan adalah hal biasa, namun yang terpeting adalah tidak membuat saling bermusuhan terpecah belah,berbicara yang santun, tentunya kalah menang suatu hal yang biasa. Ia memohon agar nantinya para calon kades bisa menerima dengan legowo lapang dada apapun hasil Pilkades sebab keputusan sudah diatur oleh yang di atas.


“Jangan sampai ada gesekan konflik oleh karenannya kami ingin ajak seluruh komponen masyarakat, stakeholder, bisa bergandeng tangan dan sukseskan Pilkades serentak. Selamat berkontestasi semoga semangat persaudaran semangat kekuargaan bisa wujudkan Pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman. (Lam)

×
Berita Terbaru Update