Notification

×

Tag Terpopuler

Dinkes Muba Bersama Tim Lintas Sektor Gelar Kegiatan Kredensial

Thursday, November 23, 2023 | Thursday, November 23, 2023 WIB Last Updated 2023-11-23T01:32:22Z


MUBA, SP - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin bersama Tim Lintas Sektor menggelar kegiatan kredensial tenaga kesehatan di Puskesmas Gardu Harapan, Rabu (22/11/2023).


Kepala Dinas Kesehatan Muba dr H Azmi Dariusmansyah MARS melalui Subkoordinator SDMK Dinkes Muba Adi Candra SKM MKes mengatakan, Kredensial tenaga kesehatan merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menilai, memverifikasi, dan mengakreditasi kualifikasi serta kompetensi tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Puskesmas mulai dari dokter, perawat, dan bidan. 


Hal ini penting guna memastikan bahwa tenaga kesehatan yang melayani masyarakat memiliki standar yang tinggi dan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas.


Kegiatan kredensial ini melibatkan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muba bersama organisasi profesi seperti IDI, IBI, PPNI, PDGI yang telah terlatih dan berpengalaman dalam penilaian kualifikasi tenaga kesehatan. 


"Kita lakukan penilaian penilaian ini dengan hasil direkomendasikan, direkomendasikan dengan bersyarat, dan tidak direkomendasikan. Kalau yang direkomendasikan, mereka akan melakukan pelayanan dan penanganan pasien dan  yang direkomendasikan bersyarat, mereka tetap melayani pasien tapi dengan pendampingan," urainya.


Adi Candra menambahkan, dengan tenaga yang kompeten, maka  dapat melayani masyarakat lebih  bermutu. Dengan tenaga kesehatan yang bermutu akhirnya multiprima juga akan meningkat 


Sementara, Plt Kepala UPT Puskesmas Gardu Harapan  Ana Amelia SKM menjelaskan, adapun jumlah tenaga kesehatan yang mengikuti kredensial masing masing adalah bidan sebanyak 8 orang, perawat 5 orang dan dokter sebanyak 2 orang.


Ana Amelia mengatakan, kegiatan kredensial tenaga kesehatan ini merupakan langkah yang penting dalam memastikan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Gardu Harapan  sesuai dengan standar yang ditetapkan.


"Dengan penilaian kredensial ini, diharapkan tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Gardu Harapan bermutu dan sesuai dengan standar yang ditetapkan," jelasnya. (ch@)

×
Berita Terbaru Update