Notification

×

Tag Terpopuler

Dengan DD, Kades Ardina Bangun Desa Talang Ipuh Lebih Baik Dan Lebih Maju

Wednesday, August 07, 2019 | Wednesday, August 07, 2019 WIB Last Updated 2019-08-08T03:28:25Z

BANYUASIN, SP - Pelaksanaan program Dana Desa (DD) 2019 yang dialokasikan ke desa sangat dirasakan oleh masyarakat diseluruh Indonesia. Salah satunya di Desa Talang Ipuh, Kecamatan Suak Tapeh kabupaten Banyuasin.

Dengan adanya Dana Desa dimana sebelumnya jalan desa yang menghubungkan Desa Talang Ipuh dengan Desa Pulau Rajak Kecamatan Betung yang dulu rusak, kini mulai nampak bagus dan tertata. Begitupun dengan saluran air, jembatan, tanggul penahan tanah serta fasilitas lainnya mulai dibenahi.

"Pada tahun 2016, kita telah membuka jalan baru yang menghubungkan Desa Talang Ipuh dengan Desa Pulau Rajak. Pembangunan jalan tersebut saat itu dianggarkan dari Dana Desa dan dibantu dari dana APBD Kabupaten Banyuasin," ungkap dia pada media ini, Rabu (07/08).

Dari hasil pembangunan, masyarakat kini dapat merasakan langsung atas pembangunan Desa Talang Ipuh. Dari tahun ke tahun masyarakat desa tersebut kini telah bisa menikmati berbagai hasil pembangunan yang di wujudkan dalam pembangunan infrastruktur berupa gorong-gorong, drainase an fasilitas Umum yang memang banyak dibutuhkan masyarakat dalam percepatan pembangunan.

Kades Ardina berujar, bahwa di desanya untuk Tahun 2019 di Alokasikan untuk pekerjaan Fisik dan non Fisik. Jenis kegiatan yang di biayai oleh DD antara lain yakni Pembangunan Drainase, Pembangunan Gorong – gorong, penyekarapan jalan sekaligus penimbunan jalan Talang Ipuh - Pulau Rajak.

Perlu di ketahui tegas dia, bahwa seluruh pekerjaan dan kegiatan yang di biayai oleh DD telah di lakukan Monitoring dan Evaluasi oleh Dinas PMD Kabupaten Banyuasin bekerja Sama dengan instansi terkait juga element masyarakat agar kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai dengan Juklak dan Juknis.

Menurut Kades Ardina, dengan adanya Dana Desa (DD) yang dianggarkan dari pemerintah pusat melalui APBN sangat mendukung pembangunan di setiap desa baik itu menyangkut pembangunan fisik maupun non fisik.

Untuk itu jelas dia, Pemerintah Desa Talang Ipuh yang mana dengan melalui Dana Desa, terus menggeliatkan pembangunan di Desa Talang Ipuh dan pembangunan yang dilakukan ini sangat di apersiasi oleh masyarakat setempat. 

"Dengan adanya Dana Desa ini saya akan terus membangun Desa Talang Ipuh yang saya pimpin agar lebih baik dan lebih maju lagi sehingga dapat bersaing dengan desa - desa yang lain," kata Kades Ardina.

"Tahun 2019 ini, melalui Dana Desa tahap kedua, kita telah alokasikan untuk penyekrapan jalan Desa Talang Ipuh yang menghubungkan dengan Desa Pulau Rajak dengan volume 2041 M, dan penimbunan dengan volume 6 X 0, 20 X 50 Meter serta pembuatan dua titik gorong - gorong jalan dan pengerjaanya sudah 100%," ujar dia.

Lebih lanjut dikatakan Kades Ardina bahwa insfrastruktur jalan masih di fokuskan, untuk mempercepat masyarakat Desa Talang Ipuh untuk mencapai taraf kehidupan. Sampai saat ini pembangunan jalan masih menggunakan dana Desa, padahal sebenarnya masih banyak sekali hal lain yang dapat menopang peningkatan kesejahteraan masyarakat tersebut dengan alokasi dana desa.

"Tetapi mau tidak mau kami harus fokus pada pembangunan infrastruktur dulu, karena infrastruktur yang bagus pasti memperlancar proses perekonomian masyarakat," ungkap dia.

"Mudah - mudahan Dana Desa pada tahap ketiga nanti pengerasan jalan desa yang menghubungkan Desa Talang Ipuh dengan Desa Pulau Rajak tersebut dapat segera terlealisasi. Kedepannya harapan saya jalan desa ini sudah dapat di cor beton," tutup dia.

Sementara masyarakat setempat H. Sory mengatkan, sangat berterima kasih kepada pemerintah Desa Talang Ipuh yang telah melakukan pembangunan jalan tersebut.

"Kami masyarakat Desa Talang Ipuh sangat mendukung dan mensupport pembangunan jalan ini, karena jalan tersebut sangat menentukan peningkatkatan perekonomian masyarakat Desa Talang Ipuh," ucap dia (Adm)
×
Berita Terbaru Update