Notification

×

Tag Terpopuler

Ketua PWI Prov. Lampung : PWI Harus Bisa Berinovasi

Wednesday, November 27, 2019 | Wednesday, November 27, 2019 WIB Last Updated 2019-11-27T06:18:09Z

LAMPUNG, SP - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) harus mampu berinovasi menciptakan program-program bersama mitra kerja. Hal tersebut disampaikan Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian, saat menerima Study Banding PWI Banyuasin.

Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian mengatakan salah satu program yang sering dilakukan adalah seminar jurnalistik terhadap guru-guru.

"PWI harus mampu berinovasi dalam menciptakan program-program. Misalnya mengadakan seminar jurnalistik," kata Supriyadi saat menerima kunjungan PWI Banyuasin Sumatera Selatan, Rabu (27/11) di Kantor PWI Provinsi Lampung.

Bang Yadi -sapaan akrabnya- menjelaskan dalam melaksanakan program tersebut harus mampu menjalin kerja sama dengan mitra, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Sehingga jelas bang Yadi, Disdikbud bisa mengumpulkan seluruh guru-guru untuk mengikuti seminar jurnalistik.

Dia menjelaskan seminar itu dilaksanakan untuk meminimalisir adanya tindakan-tindakan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Baru minggu lalu kami mengadakan seminar jurnalistik di Tulangbawang, yang diikuti oleh 400an guru. Banyak yang mengeluhkan ada oknum wartawan yang melakukan pemerasan," tuturnya.

Karena itu tutur Bang Yadi, melalui seminar jurnalistik, PWI memberikan pemahaman tentang kode etik jurnalistik dan cara menghadapi oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya melibatkan guru-guru, menurut dia, seminar tersebut juga bisa dilakukan dengan yang lainnya."Misalnya kepala desa mengeluh diperas oknum wartawan. Kumpulkan semua kepala desa, dan adakan seminar. Itulah yang disebut berinovasi," tuturnya.

Sementara, Wakil Ketua PWI Lampung Bidang Pendidikan Wira Hadikusuma mengatakan pendidikan merupakan program utama dari organisasi tersebut.

Tidak hanya seminar, PWI Lampung telah mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-20. "Desember nanti rencananya UKW yang ke-21. Memang pendidikan ini menjadi program utama PWI Lampung," jelas Wira.

Dengan begitu, diharapkan wartawan yang tergabung dalam PWI Lampung mengerti dan memahami tentang kode etik dalam menciptakan karya jurnalistik.

Senada, Sekretaris PWI Lampung Nizwar menyebut peningkatan dan pengayaan kualitas wartawan memang salah satu program utama.

Bahkan, PWI Lampung selalu mendapatkan penghargaan di bidang pendidikan dalam pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN)."Memang bidang pendidikan ini selalu jadi program utama. Seingat saya, PWI Lampung selalu mendapatkan penghargaan dalam bidang pendidikan," jelas Nizwar. (Adm)
×
Berita Terbaru Update