Notification

×

Tag Terpopuler

Kue Lapis Nan Mewah ala Rohana

Tuesday, November 12, 2019 | Tuesday, November 12, 2019 WIB Last Updated 2019-11-12T06:48:45Z

PALEMBANG, SP - Sajian kue lapis selalu ada di setiap acara besar. Mulai dari arisan, pengajian, pernikahan atau perjamuan kerabat. Rasanya yang manis dan legit selalu bisa memanjakan para tamu. Memiliki cita rasa yang khas dan lezat, membuat kue lapis bisa dinikmati oleh semua kalangan usia dan selalu punya tempat tersendiri.

Salah satu nya yang menjual hingga saat ini yakni rumah produksi kue khas Palembang Dapur Azka Qanita yang berada di komplek top 100 blok A7 No 27 belakang masjid cengho Jakabaring. Hj. Rohana Hasyim, selaku Owner mengatakan, ia sudah biasa nerima pesanan untuk tahunan setiap lebaran idul adha dan idul fitri, namun begitu, di hari biasa pun ia juga menerima pesanan.

“Dari dulu kue ini memang tergolong sebagai kue mewah. Disajikan hanya di hari-hari istimewa seperti Lebaran, Tahun Baru dan acara perkawinan. Kemewahan kue ini di karenakan memiliki lapisan 12-15 lapis ini disebabkan oleh bahan-bahan yang dipakai sangat mewah,” jelasnya, Senin (11/11).

Adapun menu kue lapis yang di produksi di Dapur Azka Qanita antara lain engkak ketan, engkak ketan duren, maksubah original, maksubah coklat, maksubah kojo, Lapis kojo, Bolu Lapis, Bolu Lapis prunes, Bolu Lapis keju dan Lapan Jam. Kue- kue ini juga selalu jadi hantaran andalan jika ingin mendatangi kerabat atau sesepuh yang dihormati. Dianggap sebagai buah tangan yang sangat spesial.

Untuk kue lapis yang menjadi best seller di Dapur Azka Qanita yaitu Engkak ketan. Kue Engkak Ketan yang memiliki rasa manis dan legit ini membuat orang yang sudah mencicipinya dijamin akan ketagihan. Selain itu biasanya yang dijual hanya kue dengan ukuran loyang besar saja sehingga harganya jadi agak mahal.

"Setiap satu loyang semua jenis kue kami bandrol dengan harga Mulai Rp 300 sampai 350 Ribu rupiah, untuk resep semua nya resep dari Ibu kandung saya yang bernama Hj. Nyimas Maimunah Atau biasa disapa Cekmun, “ ucap Hj. Rohana Hasyim.

Hj. Rohana Hasyim menambahkan, selain engkak ketan, ada satu lagi kue yang menjadi best seller kita yaitu Lapis legit prunes. Pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan lapis legit biasa. Hanya ditambahkan buah prunes di setiap beberapa lapisnya. Pembuatan lapis legit memang membutuhkan kesabaran ekstra. Bagaimana tidak, adonan cake tipis berwarna kekuningan dan kecokelatan dituang satu per satu, tipis-tipis serta berulang-ulang harus dikerjakan dengan sangat teliti.

“Di setiap lapisannya harus punya tingkat kematangan yang sama, tidak gosong di bagian terbawah dan matang sempurna di bagian teratas,” Katanya. 

Begitu pula ketebalan lapisan kuning dan lapisan cokelat harus sama, bertumpuk selang-seling hingga berlapis-lapis.Tekstur yang lembut dan gurih, tentunya menjadi pilihan yang menarik bagi para  penikmat lapis legit. kita pake telor bebek jadi tektur kuenya jadi lebih bagus dan lapisannya jadi lebih rapi, untuk satu loyang lapis legit diperlukan sekitar 23 - 30 butir telur bebek, tergantung kue nya.

“Karena itu juga rasa kue ini sangat lezat di lidah, bertekstur kuat dan lembut di makan dengan rasa manis dan aroma harum bumbu lapis legit, “ tambahnya. (dkd)
×
Berita Terbaru Update