Notification

×

Tag Terpopuler

BKN Siapkan 100 Unit Komputer Untuk Pelamar Formasi Instansi Pusat

Wednesday, December 11, 2019 | Wednesday, December 11, 2019 WIB Last Updated 2019-12-11T02:22:16Z
Kepala Kantor BKN Wilayah VII Agus Sutiadi, (foto/net)
PALEMBANG, SPPenyelenggaraan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan pada Februari 2020. Para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada formasi instansi pusat, dipastikan akan dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Wilayah VII, Jalan Gubernur H Bastari, Jakabaring.

Kepala Kantor BKN Wilayah VII Agus Sutiadi mengatakan, sejak tahun sebelumnya kantor BKN menyiapkan fasilitas ujian SKD. Tetapi tahun ini, di Sumatera Selatan (Sumsel) ada beberapa kabupaten kota yang penyelenggaraan tes SKD di daerah masing-masing.

"Nah untuk instansi vertikal atau mereka yang melamar di instansi pusat seperti kementerian, kita siapkan di kantor BKN, ada 100 unit komputer yang bisa digunakan," katanya, Selasa (10/12/2019).

Lantaran jumlah komputer yang terbatas, maka BKN membatasi instansi vertikal yang bisa melaksanakan ujian di BKN. Maksimal 1000 pendaftar di instansi itu bisa melaksanakan ujian di BKN. Namun jika lebih dipersilakan untuk menyiapkan dan menentukan tempat ujian.

"Maksimal yang pelamarnya 1000 orang. Tapi yang lebih dari itu silakan sewa tempat yang lebih memadai. Instansi yang paling banyak pelamarnya ini contonnya Kemenkum Ham," katanya.

Sementara itu, pelamar formasi daerah direncanakan akan dilaksanakan di Hotel Wyndam, Jakabaring. Tujuh kabupaten kota yang pelaksanaan tes CPNS di Hotel Whyndam yakni Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, OKI dan Empat Lawang.

Adapun 10 kabupaten dan kota lain memilih lokasi tes di daerah masing-masing yakni, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Lubuk Linggau, Muratara, Lahat, Pagaralam, Muara Enim, Prabumulih dan OKU. Diputuskannya tes di wilayah sendiri secara mandiri di daerah masing-masing karena mereka siap. "Kami serahkan ke Pemda masing-masing untuk menentukan lokasi," ujarnya.

Pelamar tahun ini akan dihadapkan dengan soal ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang lebih sulit tetapi beberapa nilainya diturunkan. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65 dari sebelumnya 75, Tes Intelegensia Umum (TIU) tetap 80, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dari 143 menjadi 126.

"Total sebelumnya 296 jadi 271, tapi soalnya lebih sulit," katanya.

Saat ini beberapa instansi sudah ada yang mengumumkan kelulusan administrasi pelamar CPNS. Bahkan, ada beberapa instansi juga yang mengundur waktu pengumuman. "Pelamar bisa cek di website resmi instansi yang dilamar atau ke akun https://sscasn.bkn.go.id," katanya. (Ara)
×
Berita Terbaru Update