Notification

×

Tag Terpopuler

Legitnya Kue Srikaya Karya Tari

Tuesday, December 03, 2019 | Tuesday, December 03, 2019 WIB Last Updated 2019-12-03T06:43:47Z


PALEMBANG, SP - Kuliner kota Palembang, bukan saja pempek, karena pempek dipastikan makanan ini sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia bahkan manca negara, apalagi sangat mudah didapatkan. Kuliner khas yang lain yang tidak kalah enak adalah kue srikaya.

kue berwarna hijau beraroma daun pandan dengan tekstur sangat lembut dan legit. Tentunya, belum banyak yang mengetahui makanan lezat ini. Salah satu yang menjual kue khas ini adalah Tari yang outletnya berada di Gang Danau No 1512 Palembang.

“Makan kue srikayo ini cocoknya dengan ketan, akan tetapi bisa juga dengan roti tawar untuk mengurangi rasa legitnya. Tapi ada juga yang langsung melahapnya,” Katanya, Senin (2/12).

Kue Srikaya ini memiliki citarasa mewah karena sama sekali tidak menggunakan tepung dan bahan padat lain. kue berwarna hijau ini pembuatannya hanya menggunakan gula, telur dan santan kental saja.

“Dikarenakan kue ini manisnya sangat legit, terkadang orang hanya sanggup makannya satu atau dua mangkok kecil saja,” ucapnya.

Masih kata Tari, Kue Srikaya ini sangat mudah memebuatnya, bahkan untuk untuk pemula pun bisa memasaknya, apalagi hanya 3 bahan yang mudah di dapat di pasar atau di warung warung yang dekat dari rumah. Tinggal emncampur saja ketiga bahan nya plus di tambah dengan ekstrak sari pandan yang di ambil dari lembaran daun pandan atau daun suji.

“Tahap selanjutnya tinggal mengukusnya denagn kukusan yang tutupnya dilapisi serbet supaya air uap panas tidak jatuh ke dalam bahan srikaya yang akan dikukus,” katanya.

Untuk adonan nya masukkan adonan srikaya ke dalam cetakan srikaya kecil-kecil, bisa dari keramik bisa juga cetakan plastik. Perlu diperhatikan, pastikan dulu adonan diaduk setiap akan menuang ke cetakan supaya bahan tidak mengemulsi.

“Setelah dikukus selama selama 10-15 menit, angkat srikaya dan dinginkan sebentar. Setelah itu kuliner ini siap dihidangkan,” ujarnya.

Ibu Tari menambahkan, biasanya santannya sangat kental maka sebaiknya ditambah air lagi supaya adonan srikaya tidak memadat dan menggumpal. Kemudian, dari kue ini diketahui juga bahwa masyarakat Palembang senang menggunakan bahan makanan alami karena menggunakan sari pandan asli.

“Sekarang banyak yang membuat srikaya dengan menambahkan pasta pandan buatan yang banyak beredar di pasaran. Dari warna saja sebetulnya dapat diketahui apakah membuat srikaya dari pewarna buatan atau tidak,” jelasnya.

Srikaya yang dibuat dari pandan asli dan daun suji warna hijaunya lebih teduh dan kalem juga lebih wangi. Sedangkan dari pasta pandan biasanya warnanya lebih terang. (dkd)
×
Berita Terbaru Update