Notification

×

Tag Terpopuler

Polres Banyuasin Deteksi Dini Terkait Persiapan Pilkades

Wednesday, February 05, 2020 | Wednesday, February 05, 2020 WIB Last Updated 2020-02-05T05:37:06Z

BANYUASIN, SP - Sebanyak 80 desa di Bumi Sedulang Setudung, bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar September 2020 mendatang.

Persiapan menuju penyelenggaraan Pilkades serentak terus digeber. Termasuk, soal keamanan.

Bahkan, unit I Satuan Intekam Polres Banyuasin telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Banyuasin tentang persiapan Pilkades tersebut.

Kanit 1 Sat Intel Ipda Yusri Meriansyah SH mengatakan koordinasi dilakukan terkait keamanan. Pihaknya berharap agar pelaksanaan Pilkades serentak di Banyuasin berjalan aman lancar dan kondusif.

"Sesuai dengan arahan Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar SIk  melalui kasat Intelkam Polres Banyuasin AKP Tatang Yulianto SH yang menugaskan unit 1 untuk koordinasi  dan maaping dengan Dinas  PMD dan dinas terkait lainnya terkait keamanan," ujar Ipda Yusri Meriansyah SH didampingi anggota Intel lainnya.

Ipda Yusri mendukung pelaksanaan Pilkades dengan sistem e-voting dan berharap pelaksanaan berlangsung terbuka, jujur dan evisien. "Tentunya dengan pelaksanaan e votting dapat meminimalisir kecurangan," kata dia.

Ditegaskan dia, untuk situasi saat ini masih kondusif dan berharap kedepannya akan semakin kondusif. "Untuk itu diantisipasi dari sekarang dan kita terus akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak lain, terkait keamanan," beber dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Banyuasin Roni Utama AP MSi melalui Kasi Bina Pemdes Husin Al Badri mengatakan dari 21 kecamatan yang ada di Banyuasin ada 18 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades yang terdiri dari 80 desa.

"Hanya 3 kecamatan yang tidak menggelar Pilkades yakni kecamatan Karang Agung Ilir, Tanjung Lago dan Sumber Marga Telang," ujar dia.

Dikatakan dia, untuk pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan September 2020. Sementara tahapan Pilkades sudah dimulai pada bulan Mei 2020 mendatang. "Tahapannya insya Allah sudah lebaran dimulai," jelas dia.

Menurut dia, pelaksanaan Pilkades dilaksanakan dengan sistem e-voting yang merupakan program Bupati Banyuasin untuk mendidik masyarakat supaya cerdas sehingga terciptanya Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera.

"Sebelumnya, Banyuasin sudah sukses melaksanakan Pilkades yakni pada tahun  2015 lalu, diikuti 160 desa, tahun 2017 sebanyak 48 desa dan tahun ini 2020 80 desa kita harap sukses aman dan kondusif sesuai keinginan kita bersama," tegas dia. (Adm)

×
Berita Terbaru Update