Notification

×

Tag Terpopuler

Askolani Blusukan ke Pasar Sukomoro

Monday, March 23, 2020 | Monday, March 23, 2020 WIB Last Updated 2020-03-23T03:03:40Z
Bupati Banyuasin Askolani Didampingi Wabup Slamet Somosentono Menanyakan Harga Sayur Mayur Kepada Pedagang Sayur di Pasar Sukomoro, (foto/adm)
- Pantauan Harga Semabko

BANYUASIN, SP - Bupati Banyuasin H. Askolani, SH, MH blusukan ke Pasar Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa dalam rangka memantau harga Sembako. Askolani tiba di Pasar Sukomoro sekitar pukul 08.35 WIB dengan mengenakan baju putih. 

Dari blusukan itu didapati sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan, telur dari Rp 20 ribu per kg naik menjadi Rp 24 ribu perkilo, gula pasir 18 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp 17 ribu. Kenaikan juga terjadi pada komoditi jahe dari Rp 30 ribu menjadi Rp 40 ribu per kg.
“Kenaikan jahe ini mungkin karena pengaruh penyebaran virus corona pak,” kata Rohmah (56), pedagang Pasar Sukomoro, Jumat (20/03).

Mendengar keluhan pedagang tersebut, Askolani hanya tersenyum. Dia meminta kepada pedagang dan  pembeli untuk bersabar. “Sabar ya ibu-ibu nanti sebentar lagi Insya Allah harga bawang, telur, gula dan jahe akan stabil. Insya Allah semuanya akan stabil jelang Ramadhan, mengenai Covid -19 ini kita perbanyak berdoa dan tawakal kepada Allah agar wabah virus ini segera berakhir,” jawab Askolani.

Lebih lanjut Askolani mengharapkan, pihak-pihak tertentu pada saat menjelang bulan Ramadhan ini hendaknya jangan menimbun bahan kebutuhan pokok. Jika terjadi penimbunan, maka secara otomatis harga akan naik. “Kami mohon jangan sampai ada yang malakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok, jika masih terjadi maka akan di proses secara hukum,” tegas Askolani.

Kemudian Askolani melanjutkan blusukannya ke pedagang ikan dan sayuran. Saat menemui pedagang ikan dan sayuran pedagang menyampaikan tidak ada terjadi kenaikan harga malah terjadi penurunan pada cabai dan bawang. “Bahan pokok yang berasal dari dalam negeri tidak ada kenaikan, seperti ikan sayur mayur bumbu-bumbu dapur bahkan cabai dan bawang terjadi penurunan harga,” jelas Askolani.

Sementara itu Kepala Dinas Koperindag Banyuasin, Lukman menyatakan stok pasar bahan pokok masih lancar dan stabil begitu juga beras. Dan kepada pihak-pihak yang melakukan penimbunan bahan pokok Dinas Koperindag akan terus melakukan monitoring ke pasar-pasar.

“Untuk beras tetap stabil karena sekarang sedang puncak-puncaknya. Jelang ramadhan akan dilakukan operasi Pasar di 10 titik tidak hanya itu saja kami akan turunkan tim untuk terus memonitoring pasar jelang ramadhan”, ungkapnya.

Turut mendampingi  Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH, Kapolres Banyuasin AKBP Dani Sianipar, S. IK, Dandim 0430 Banyuasin, Letkol. Arh H. Alfian Amran, ST., MM, Camat Talang Kelapa. (Adm)
×
Berita Terbaru Update