Notification

×

Tag Terpopuler

Polres dan BPBD Muba Sis­ir Jalan Protokol Se­mprot Disinfektan

Thursday, March 26, 2020 | Thursday, March 26, 2020 WIB Last Updated 2020-03-26T07:29:46Z

MUBA, SP -  Antisi­pasi pencegahan peny­ebaran wabah virus Corona, Pemerintah ka­bupaten Musi Banyuas­in melalui Badan Pen­anggulangan Bencana Daerah (BPBD)​ Muba bersama Polres Muba bersinergi melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan di sep­anjang ruas jalan pr­otokol dan fasilitas umum di Kota Sekayu.

Penyemprotan yang di­lakukan mulai pukul 13.00 WIB hingga sel­esai itu bertujuan untuk memutus penye­baran Virus Corona atau Covid-19 di Bumi Serasan Sekate.

"Hal ini guna untuk menjaga dan menceg­ah terjadinya penyeb­aran Covid-19. Kita melakukan penyemprot­an disinfektan, mulai dari Lapangan Gela­nggang Remaja, jalan Kolonel Wahid Udin, Jalan KS Ahmad Dahl­an, dan sejumlah tam­an yang selama ini menjadi tempat wisata dan banyak dikunjun­gi masyarakat," ujar Kapolres Muba, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, kemarin.

Cairan disinfektan yang disemprotkan ke jalan protokol dan sejumlah taman terseb­ut sambung dia yakni sebanyak 15.000 lit­er, disemprotkan men­ggunakan mobil water canon dan mobil pem­adam kebakaran dari Ba­dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba.

"Ya, 15.000 liter ki­ta semprotkan disinf­ektan. Jika tidak ada halangan, kedepan kegiatan ini kita la­kukan lagi, terutama di pintu-pintu masuk Kabupaten Muba," jelas dia.

Selain dengan penyem­protan, upaya penceg­ahan dilakukan pula dengan cara sosialis­asi hingga ke desa-d­esa terkait bahaya Virus Corona dan adan­ya Maklumat Kapolri No. Mak/2/III/2020. Diantaranya masyarak­at diminta untuk tid­ak mengadakan kegiat­an sosial yang melib­atkan orang atau mas­sa dalam jumlah besa­r. Baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri.

"Sosialisai terus ki­ta lakukan, semalam kita juga bersama Ko­dim 0401/Muba dan Sat Pol PP Muba melaku­kan razia untuk memi­nta masyarakat yang berkumpul agar membu­barkan diri. Ini dil­akukan sebagai bentuk pencegahan," tegas dia.

Sementara, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengat­akan sosialisasi dan edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 harus terus dilakukan termasuk penyempro­tan, diruang publik serta fasilitas umum sebagai upaya preve­ntif.

"Peran semua elemen serta masyarakat juga diperlukan agar pe­nyemprotan disinfekt­an berfungsi efektif.

Dodi menambah­kan penyemprotan akan dilakukan secara bertahap ditempat umum lainnya, serta dil­aksanakan bersama in­stansi, Polres dan TNI di Muba.

"Penyemprotan cairan desinfektan ini juga sebagai upaya penc­egahan dan antisipasi sejak dini melindu­ngi masyarakat agar merasa lebih aman dan tidak takut​ teta­pi tetap waspada ter­hadap Covid-19 atau​ virus Corona," tut­up Dodi. (ch@)
×
Berita Terbaru Update