Notification

×

Tag Terpopuler

Gojek Impor 5 Juta Masker Demi Jaga Keselamatan Mitra

Thursday, April 02, 2020 | Thursday, April 02, 2020 WIB Last Updated 2020-04-02T02:48:44Z

PALEMBANG, SP - GoJek terus proaktif melakukan upaya menjaga keamanan dan kesehatan bersama bagi ekosistemnya. Inisiatif ini bagian dari prioritas GoJek meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19), mengingat mitra driver berada di garda terdepan membantu puluhan jutaan masyarakat yang harus membatasi ruang gerak dengan berada #dirumahaja.

GoJek mengklaim, telah menyediakan ratusan ribu paket kesehatan (safety kit), yang dibagikan di lebih dari 1.300 titik kepada puluhan ribu mitra driver di lebih dari 80 kota di seluruh Indonesia, hingga Rabu (1/4). 

Paket kesehatan tersebut berupa masker, hand sanitizer, vitamin, dan penyemprotan desinfektan pada sepeda motor serta mobil mitra driver. Jumlah paket di masing-masing daerah disesuaikan dengan ketersediaan dari masing-masing alat kesehatan yang saat ini jumlahnya sangat terbatas.

Meskipun demikian, ketersediaan alat-alat kesehatan, terutama masker, semakin langka. Masker merupakan salah satu alat perlindungan diri yang paling dibutuhkan untuk meminimalisir risiko penularan, terutama bagi mereka yang masih memiliki mobilitas tinggi seperti para driver yang jumlahnya mencapai jutaan orang.

Komisaris Utama GoJek, Garibaldi Thohir mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih telah mendapatkan izin impor masker dari pemerintah Indonesia yang diwakili oleh BNPB selaku, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Kementerian Kesehatan.

“GoJek merupakan perusahaan on-demand pertama yang mendapatkan izin impor ini. Diberikannya izin impor masker ini akan memastikan tidak terganggunya ketersediaan dan produksi masker dan alat-alat perlindungan diri lain di Indonesia, yang saat ini dialokasikan sepenuhnya untuk kebutuhan rumah sakit dan tenaga kesehatan,” jelas Garibaldi melalui siaran pers resmi yang diterima Sumsel Pers, Rabu (1/4).

Lebih lanjut Garibaldi menyebutkan, GoJek melakukan berbagai upaya untuk menyediakan alat perlindungan diri agar mitra drivernya, dapat bertugas secara prima dan terminimalisir dari risiko penularan.

“GoJek mengambil peran aktif untuk mendukung upaya pemerintah, menekan penyebaran Covid-19. Mitra driver yang populasinya tinggi, dan sering berinteraksi dengan orang lain dalam keseharian mereka mengantar makanan, bahan pokok, obat-obatan, dan barang lainnya untuk masyarakat, dianggap sebagai kelompok yang keamanan dan kesehatannya perlu dijaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Hans Patuwo selaku Chief Operations Officer GoJek mengatakan, mewakili manajemen GoJek, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah, dalam hal ini BNPB, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Bea Cukai dan Garuda Indonesia yang membuat pengadaan masker ini bisa dilakukan. Pihaknya, tidak ingin mengganggu ketersediaan dan produksi dalam negeri yang sangat dibutuhkan tenaga kesehatan dan masyarakat yang masuk kelompok rentan Covid-19.

“Kami juga berterima kasih kepada kru Garuda Indonesia yang telah melakukan karantina 14 hari sebelum keberangkatan dan atas perjuangan mereka, membantu jutaan mitra driver GoJek di Indonesia,” kata Hans.

GoJek akan mendonasikan masker impor tersebut kepada Yayasan Anak Bangsa Bisa, yang akan dialokasikan bagi mitra driver GoJek, dan disumbangkan kepada pemerintah untuk para tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19.

“Tidak hanya untuk mitra driver, Gojek juga memahami pentingnya memastikan para tenaga kesehatan tetap mendapat pasokan masker yang dibutuhkan. Itu sebabnya Gojek juga akan menyalurkan sebagian masker yang diimpor ini kepada pemerintah untuk dapat dialokasikan kepada para tenaga kesehatan yang ditempatkan di rumah sakit rujukan pemerintah,” pungkasnya. (ril/dkd) 
×
Berita Terbaru Update