Notification

×

Tag Terpopuler

Pemkab Banyuasin Keluarkan Aturan Hadapi Ramadhan

Monday, April 20, 2020 | Monday, April 20, 2020 WIB Last Updated 2020-04-20T16:36:27Z
Bupati Banyuasin, H. Askolani Memimpin Rapat Menghadapi Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah

BANYUASIN, SP-Pemerintah Kabupaten Banyuasin sudah mengeluarkan keputusan selama menghadapi bulan suci Ramadhan
1441 hijriah. menyusul, sudah terpapar nya 3 warga Banyuasin akibat virus covid 19. Selain itu, letak geografis Kabupaten Banyuasin yang berbatasan dengan Kota Palembang yang sudah berstatus zona merah covid-19.

Maka hasil rapat yang dipimpin Bupati Banyuasin H Askolani didampingi Wabup H. Slamet, dihadiri, Kepala Kantor Kemenag Banyuasin Drs H Arkan Nurwahidin, Asisten I Kosarudin, Kabag Kesra DR H Salni Fajar, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Dewan Masjid Indonesia (DMI),  BKPMRI, Baznas, NU dan Muhammadiyah serta turut dihadiri Imam Masjid Agung Al Amir Ustad Taharudin.

Memutuskan, beberapa hal sesuai dengan keputusan Kementerian Agama RI yakni, Semua rangkaian ibadah ramadhan 1441 H seperti sholat terawih dan tadarusan, semuanya dilakukan di rumah bersama keluarga bukan di masjid atau mushollah dan Sholat Jum'at tidak dilaksanakan dan diganti dengan Sholat Zhuhur di rumah masing-masing.

Kemudian Selama ramadhan juga dilarang menggelar safari ramadhan, Sahur dirumah masing-masing tidak melakukan sahur on the road, Peringatan Nuzul qur'an ditiadakan, Tidak melakukan i'tikaf 10 hari terakhir di masjid dan mushollah tapi dilaksanakan dirumah masing-masing, dan pesantren kilat tidak dibolehkan kecuali menggunakan media elekronik seperti aplikasi zoom. 

"Untuk idul fitri juga tidak dilaksanakan di masjid, dilarang takbir keliliing, dan silaturrahmi melalui medsos seperti video call. Selain itu, untuk membantu sesama dianjurkan membayar zakat harta sebelum ramadhan. Panitia amil zakat juga dihimbau untuk tidak melakukan kontak fisik dalam pengumpulan ataupun pembagian zakat.

"Keputusan ini akan disesuaikan kembali jika suasana sudah kondusif dan normal tidak ada wabah lagi. Surat Keputusan resmi, akan di bagikan kepada masyarakat melalui Camat, Kades, Lurah dan pengurus masjid agar dapat diketahui oleh masyarakat Banyuasin", kata H. Askolani, Bupati Banyuasin.(Adm)
×
Berita Terbaru Update