Notification

×

Tag Terpopuler

Sensus Online Diperpanjang Hingga 29 Mei

Thursday, April 02, 2020 | Thursday, April 02, 2020 WIB Last Updated 2020-04-02T02:22:32Z
Ilustrasi sensus pendudukan online. (foto:net)
PALEMBANG, SP – Pemerintah Kota Palembang melakukan perpanjangan durasi sensus penduduk yang berakhir 31 Maret lalu menjadi 29 Mei 2020 mendatang. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota, Taufik Hidayat mengatakan, perpanjangan tersebut terjadi di seluruh wilayah Indonesia termasuk bagi Kota Palembang. Kebijakan tersebut sebagai bentuk menyikapi Wabah Covid-19 di Indonesia.

"Data per tanggal 31 Maret pukul 20.00 WIB, jumlah Rumah Tangga yang respon sebanyak 89.504 keluarga dan yang clean ada sebanyak 80.354 keluarga," katanya, Rabu (1/4/2020).
Meski demikian, Taufik mengapresiasi masyarakat yang yang telah sensus penduduk online hingga jumlahnya mencapai puluhan ribu. BPS merencanakan Juli mendatang akan dilakukan sensus door to door. Namun lantaran wabah Corona ini, pihaknya menunda kegiatan tersebut.

"Kita harus rekrutmen petugas dan dilatih, tapi karena pelatihan petugas tidak bisa dilakukan karena adanya physical distancing (jaga jarak), oleh karena itu pendataan door to door akan dilaksanakan pada bulan September," katanya.

Adanya anjuran dari pemerintah untuk work from home (WFH) atau kerja di rumah dan adanya perpanjangan waktu, maka diharapkan menjadi kesempatan masyarakat untuk mengisi secara online lebih banyak. 

Sensus online sendiri dilakukan dengan mengisi data pribadi (KTP) atau keluarganya (KK) secara online melalui aplikasi berbasis web yang telah disiapkan oleh BPS dengan link https://sensus.bps.go.id.

"Lakukanlah sensus di web resmi untuk menghindari adanya penyalahgunaan data pribadi penduduk," katanya. (Ara). 
×
Berita Terbaru Update