Notification

×

Tag Terpopuler

Bawaslu Luncurkan SKPP Daring

Tuesday, May 05, 2020 | Tuesday, May 05, 2020 WIB Last Updated 2020-05-05T03:49:11Z
Bawaslu Sumsel resmi meluncurkan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) dalam jaringan (Daring), Senin (4/5)
PALEMBANG, SP - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) resmi meluncurkan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) dalam jaringan (Daring), Senin (4/5).

Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto mengatakan, untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas, jujur dan adil, Bawaslu membuat terobosan dengan melibatkan masyarakat atau yang disebut pengawasan partisipatif kepada sumsel Pers, Senin (4/5/2020).

Untuk tahap awal, ungkaonya, SKPP adalah langkah untuk menyemarakkan pengawas partisipatif, dengan memulai sosialiasi dan transfer knowledge kepada masyarakat. 

“Bawaslu sengaja memilih kader berusia muda karena lebih idealis dan melek teknologi informasi,” katanya.

Iin mengungkapkan, SKPP adalah program prioritas Bawaslu yang sudah dimulai tahun 2018 lalu. Pada tahun-tahun sebelumnya, pola pembelajaran SKPP dilakukan secara konvensional. Semantara pada tahun ini dilakukan secara daring.

“Jika Juli kondisi normal, SKPP konvensional tetap dilaksanakan,” katanya.

Ketua Pokja SKPP Daring Bawaslu Sumsel, Junaidi mengungkapkan, SKPP ada tiga tahapan pembelajaran dalam SKPP Daring. 

Pertama metode pembelajaran audio visual, berupa penayangan video pembelajaran yang sudah direkam sebelumnya.

“Kemudian metode diskusi, yang dipandu oleh Bawaslu Provinsi Sumsel, para akademisi, praktisi dan pemantau Pemilu. Dan yang terakhir ujian yang dilaksanakan di akhir Juni,” ujar anggota Bawaslu Sumsel tersebut.

Sementara itu, untuk pola kelulusan akan dilakukan secara bertahap. Dimana hanya peserta yang lulus tahapan pembelajaran audio visual yang bisa mengikuti tahapan diskusi.

“Syarat kelulusan antara lain, 60% kehadiran,” tegasnya. (DOR)
×
Berita Terbaru Update