Hari Perdana Operasional, Angkut 57 Penumpang

Ilustrasi suasana SMB II Palembang. (foto:net)
- Hanya Layani Reservasi Tiket Sejak Jauh Hari

PALEMBANG, SP -  Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mulai beroperasional. setidaknya, pada Minggu (10/5) pihak pihak PT Angkasa Pura (AP) II Persero sebagai otorita Bandara telah menerbangkan 57 penumpang dengan jadwal tujuan Palembang-Jakarta dan sebaliknya.

Executive General Manager PT AP II Persero Kantor Cabang Bandara SMB II Palembang, Fahroji membenarkan jadwal operasional tersebut. Namun aktivitas penerbangan hanya untuk satu maskapai saja.

"Hari ini hanya Batik Air yg terbang, iya pesawat penumpang yang berangkat 45 orang dan kedatangan ada 12 orang," ungkapnya kepada Sumsel Pers, Minggu (10/5). 

Diketahui, sebelumnya Bandara SMB II Palembang sudah tidak lagi melayani penerbangan pesawat komersil yang mengangkut penumpang sejak 24 April lalu. Bahkan dari tanggal 11 April operasional bandara telah berubah dari buka pukul 05.00-24.00 WIB menjadi 06.00 WIB-18.00 WIB sejak pandemik Covid-19. 

Kendati demikian, pihak Angkasa Pura II wilayah Sumsel menegaskan, keberangkatan hanya untuk penumpang yang telah memiliki reservasi tiket sejak jauh hari, sebelum larangan mudik berlangsung. Sedangkan jadwal reservasi baru sudah tidak diperkenankan lagi.

Dimana pihaknya hanya akan membuka penerbangan bagi kargo untuk mengangkut barang, atau ada pesawat khusus, yang membutuhkan pendaratan dalam keadaan situasional tertentu.

Sesuai aturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 25 tahun 2020, larangan mudik berlaku untuk wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), juga daerah dengan zona merah pandemik COVID-19

"Mulai 24 April seiring larangan mudik, penerbangan penumpang ditiadakan," kata dia.

Meski jam operasional dan jumlah penerbangan pesawat berpenumpang komersil telah dibatasi, namun pengiriman logistik seperti obat-obatan masih menjadi prioritas pihak bandara. Terutama yang mengangkut sampel infection substance Covid-19.

Sejauh ini, sesuai intruksi protokol kesehatan penanganan Covid-19. Pihak Angkasa Pura II Sumsel di Bandara SMB II Palembang masih menerapkan skema 3S+1C dalam pelayanan. 

Sistem Safety, Security, Service dan Compliance, yaitu keberadaan petugas di bandara tetap siaga apabila ada maskapai yang mengalami kendala teknis dan operasional. Serta masih harus stay antisipasi kondisi di bandara jika ada kebutuhan untuk pendaratan mendadak. (Kar)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.