Pasar Dinilai Rentan Terjadinya Penularan Covid-19

Alex Noerdin
PALEMBANG, SP - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Alex Noerdin menilai lokasi pasar tradisonal yang masih beroperasi menjadi salah satu lokasi yang rentan terjadinya penularan Covid-19. 

Alex menilai, kondisi masyarakat yang berdesakan tanpa mematuhi protokol kesehatan menjadi salah satu faktor yang menjadikan jika lokasi tersebut rentan terjadinya penularan covid-19.

“Pasar sangat berpotensi  penularan Covid-19 dimana masyarakat berdesak-desakan. Coba hitung yang pakai masker berapa orang, hanya berapa saja yang pakai masker,” katanya.

Sementara itu, terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dilakukan beberapa kabupaten/kota di Sumsel, Alex menilai efektif atau tidanya tergantung pada kedisiplinan masyarakat itu sendiri.

“Tergantung kita, kalau dijalankan dengan benar-benar disiplin akan berdampak baik. Jadi kalau pertanyaannya efektif atau tidak? tergantung masyarakatnya, “ katanya.

Menurut Alex, yang terpenting kepala daerah harus memberi contoh yang benar, memberi contoh yang baik dan menegekan disiplin agar masyarakat patuh.

"Yang patut dicatat sampai saat ini kurva yang positif Covid-19 naik turun atau belum mencapai puncaknya," katanya.

Sebelumnya, kota Palembang dan Prabumulih telah mengajukan permohonan PSBB dan telah disetujui pihak Pemierntah Provinsi untuk diteruskan ke Kementerian Kesehatan RI. Hingga saat ini, usulan belum mendapatkan jawaban dari pihak Kemenkes RI terkait apakah diterima atau tidak. (dor)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.