Ramadhan, WBP Dapat Ekstra Puding

Kalapas klas III Pagaralam Jalaluddin SH
PAGARALAM, SP - Ada yang menarik di Lapas Klas III Kota Pagaralam selama bulan Ramadhan tahun ini berupa pemberian ekstra puding bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berpuasa. Begitu pula dengan menu sahur dan berbuka berbeda dengan menu hari-hari biasa. 

“Untuk warga binaan yang menjalankan ibadah puasa kami berikan ekstra puding dan menu sahur dan berbuka sedikit berbeda dengan menu hari-hari biasa. Tujuannya tidak lain agar mereka fit saat menjalankan ibadah puasa,” ujar Kepala Lapas kota Pagaralam, Jalaluddin SH, Minggu (10/05).

Dikatakan Jalaluddin, dari keseluruhan warga binaan sebagian besar melaksanakan ibadah puasa selama ramadhan ini, mengingat hampir seluruh penghuni Lapas beragama Islam.

“Warga binaan ini terus kita bimbing untuk menjadi insan yang lebih baik lagi, mereka diajarkan ilmu agama, dengan harapan setelah mereka keluar nanti bisa menjadi orang yang lebih baik lagi, serta tidak mengulangi perbuatan salahnya,” kata Jalal.

Selain menjalankan ibadah puasa, WBP juga disarankan mengerjakan ibadah sunah lainnya, dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. “Ya kita berharap ibadah ini nantinya berlanjut setelah bulan ramadhan, bahkan setelah mereka (WBP) bebas dari tahanan nantinya,” ujar Kalapas.

Saat ini kata Jalal, Lapas klas III Pagaralam dihuni 157 warga binaan, sebagian mereka mengerjakan ibadah puasa.

“Sesuai dengan petunjuk Kanwil Kemenkumham setiap bulan ramadhan, Lapas diharuskan memberikan ekstra puding kepada warga binaan yang melaksanakan ibadah puasa. Ya kita tambahkan kadar protein atau gizi pada menu sahur dan berbuka," ujarnya. (Repi)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.