Notification

×

Tag Terpopuler

Tidak Mengenal Lelah, Tim Relawan Covid - 19 Desa Talang Ipuh Pantau Orang Dari Luar Desa

Tuesday, May 26, 2020 | Tuesday, May 26, 2020 WIB Last Updated 2020-05-26T13:52:22Z

BANYUASIN, SP -Tim relawan Covid - 19 Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, memperketat pintu masuk di jalan utama Desa Talang Ipuh. Hal tersebut guna memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid - 19) yang saat ini terus mewabah.

Dari pantuan Harian Umum Sumsel Pers, Selasa (26/05) sejumlah masyarakat  Desa Talang Ipuh yang tergabung dalam petugas relawan desa siaga covid-19 aktif memonitor dan mendata orang dari luar Desa Talang Ipuh yang akan memasuki pintu masuk Desa Talang Ipuh.

Setiap kendaraan orang dari luar Desa Talang Ipuh yang melintas di berhentikan oleh tim relawan  desa siaga Covid - 19 dan di tanya dari mana dan mau kemana. Kemudian di data, dicek suhu badannya, disuruh cuci tangan serta kendaraannya di semprot dengan cairan disinfektan.

"Semua yang dilakukan oleh tieam relawan desa siaga Covud - 19 jangan sampai ada orang potensi terdampak corona tiba-tiba masuk ke Desa Talang Ipuh. Bukan untuk menghambat, tetapi menjaga masyarakat desa dari corona," kata Kades Talang Ipuh Ardina, mengenai fungsi pos jaga desa yang beroperasi 24 jam.

Petugas pos jaga, ia menjelaskan, harus mendata warga yang keluar dan masuk Desa Talang Ipuh, termasuk tamu dan perantau yang kembali ke desa, serta memasukkan mereka dalam daftar orang dalam pantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) berdasarkan kondisi mereka.

Petugas pos jaga jelas Kades Ardina, selanjutnya harus menyampaikan data tersebut kepada tim kesehatan di tingkat Kabupaten. "Warga desa sendiri juga harus didata. Siapa, kemana perginya. Mereka harus diperiksa dengan alat-alat yang disiapkan," kata dia.

Kades Ardina juga menegaskan bagi Warga Desa Talang Ipuh yang bekerja atau belajar di daerah terdampak Covid -19 saat pulang ke kampung juga harus menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing."Bagi perantau yang pulang kampung kami himbau untuk menjalani karantina mandiri di rumah," harap dia.

Ketua BPD Desa Talang Ipuh Eta Ismanto mengatakan, aktivitas bersama dengan tim relawan di Posko desa Siaga Covid - 19 adalah melakukan pengawasan bagi warga pendatang maupun yang akan melakukan perjalanan ke daerah lain.

"Ada beberapa aktivitas yang kami lakukan, yaitu melakukan scan Suhu Tubuh bagi setiap pendatang dan mencatat kondisi kesehatan, mengimbau warga menggunakan masker, cuci tangan dan juga penyemprotan disinfektan setiap kendaraan yang masuk di Desa Talang Ipuh," ujar Eta.

Sementara itu Hanna Juliani, AM.Keb selaku Bidan Desa Talang Ipuh yang juga tim relawan desa siaga Covid - 19 menyebutkan, saat ini ada empat orang warga Desa Talang Ipuh yang ODP (Orang Dalam Pantauan)." Ke empat orang tersebut yakni AS, J, F dan C," kata dia.

Menurut Henni, ke empat orang ini kontak langsung dengan N warga dari Desa Sri Kembang Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin."Dari informasi N ini rumahnya berdekatan dengan warga Desa Sri Kembang yang beberapa hari yang lalu telah meninggal dunia yang di makamkan secara protokol covid-19. (Adm)
×
Berita Terbaru Update