Notification

×

Tag Terpopuler

10.441 Lampu Jalan Mulai Gunakan Tenaga Surya

Tuesday, August 11, 2020 | Tuesday, August 11, 2020 WIB Last Updated 2020-08-11T09:21:34Z

Pemasangan di Jalan K.H Azhari  Lorong Pedatuan Laut RT 01 RW01 Kelurahan 12 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, Selasa (11/8/2020). (foto:Ara)
PALEMBANG, SP – Sebanyak 10.441 lampu jalan di Kota Palembang mulai menggunakan tenaga surya.

Pemasangan 10.441 listrik bertenaga surya, ini ditandai pemasangan perdana oleh Wali Kota Palembang, Harnojoyo, di Jalan K.H Azhari Lorong Pedatuan Laut RT 01 RW 01 Kelurahan 12 Ulu Kecamatan Seberang Ulu  II, Selasa (11/8/2020).

“Satu tahun kita Pemkot Palembang harus membayar Rp 80 M, untuk lampu jalan. Dengan adanya bantuan lampu listrik bertenaga surya dari CV Sapa Koja ini, tentunya kita akan menghemat puluhan miliar dalam satu tahun,” kata Harnojoyo.

Dijelaskan Harno, sejumlah lampu jalan tersebut menggunakan listrik sebagai sumber energinya berasal dari surya atau matahari, dengan menampung panas matahari pada siang hari melalui panel sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyalakan komponen elektrik untuk lampu.

“Bisa dibayangkan kalau seluruh lampu jalan di Palembang ini digantikan dengan listrik bertenaga surya, tentu nol rupiah yang kita keluarkan untuk listrik lampu jalan,” ujar Harnojoyo.

Bantuan ini, kata Harnojoyo, akan disebar di setiap kelurahan sesuai dengan kebutuhan.

“Kalau untuk semua kebutuhan Palembang ini, dibutuhkan 76 ribu, saat ini baru ada 46 ribu yang sudah disebar. Dengan adanya 10.441 titik lampu bertenaga surya ini, kita butuh waktu beberapa tahun lagi untuk mencukupi semuanya, jadi akan dilakukan secara bertahap,” kata Harnojoyo.

Direktur Utama CV Sapa Koja, Remadani Oktaviani mengatakan, bantuan hibah lampu listrik bertenaga surya ini merupakan bantuan hibah dari PT Imza Rizky Jaya dari Dubai.

“Kalau untuk seluruh Sumsel itu berjumlah 80 ribu yang akan disebar, yang ditargetkan seluruh pengerjaan lampu listrik bertenaga surya ini bisa terpenuhi terpasang di tahun 2025 mendatang. Untuk Palembang mendapat bantuan sebanyak 10.441 lampu listrik tenaga surya,” kata Remadani.

Dijelaskannya, selain menghemat listrik, lampu ini juga memiliki kelebihan yakni ramah lingkungan dengan memasang panel surya mandiri dan tidak bergantung ke pada PLN dalam menyuplai kebutuhan listrik di setiap harinya.

“Jadi panel surya ini bisa jadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan listrik harian anda. Meskipun biaya pemasangan awalnya mahal seharga Rp 13 juta per lampunya namun ke depannya anda bisa menghemat,” kata Remadani. (Ara)

×
Berita Terbaru Update