Inilah Keseruan Warga Talang Ipuh Menangkap Ikan di Sungai Tudakan


BANYUASIN, SP -- Keseruan warga menangkap aneka ikan terlihat di sekitar sungai tudakan Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin. Warga yang berburu ikan tersebut berasal dari berbagai desa seperti Desa Talang Ipuh, Desa Terentang dan Desa Galang Tinggi.

Futera (30) warga Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, mengatakan, kebiasaan berburu ikan ini dilakukannya setiap tahun bila musim kemarau. Selain itu juga berburu ikan ini sekaligus menyalurkan hobby.

"Setiap tahun bila musim kemarau kami sering berkarang ikan menurut bahasa daerah kami. Dan di sungai tindakan ini sewanya berpareasi mulai dari Rp.10.000 s.d Rp.20.000 per orang," kata Futra saat dibincangi media ini usai dirinya berburu ikan di sungai tudakan tersebut, Sabtu (29/08).

Menurut Fitra, dalam berkarang ikan ini, masih menggunakan alat tradisional seperti yang disebut orang Talang Ipuh Tanggok,Tangkul dan Cis serta masih banyak lagi alat tradisional lainnya. " Tadi saya datang ke sungai ini pada pukul 01.00 WIB siang dan Alhamdulliah saya dapat berbagai macam ikan seperti, Siapil, Baong, Sampah, Lais dan masih banyak jenis ikan lainnya," jelas dia.

Sementara Kepala Desa (Kades) Tebing Abang Ripin melalui Ketua RT 003 Abdillah Pipin Saputra mengatakan bahwa sungai tindakan ini setiap tahun nya dilelang dan lelang itu ada tingkat Kabupaten, Kecamatan dan lelang tingkat desa

"Sungai ini setiap awal tahun di lelang dan hasilnya untuk aset Desa Tebing Abang. Pada bulan Agustus diamana airnya sudah mulai agak dangkal karena musim kemarau, pemenang lelang sungai mulai memanen ikannya.

"Para warga yang menangkap ikan disini mayoritas dari luar Desa Tebing Abang seperti Desa Talang Ipuh, Desa Terentang dan Desa Galang Tinggi dan sewanya mulai dari Rp. 10.000 s d Rp. 15.000 per orang," ungkap dia.

Dia juga menyebut, setiap warga yang menangkap ikan disini tidak dibatasi waktunya mereka bisa sepuasnya dari pagi sampai sore dan semua ikan hasil tangkapannya milik mereka."Sepuasnya mereka menangkap ikan dan tidak dibatasi waktunya," tandas dia. (Adm).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.