Dinsos Banyuasin Monitoring Penyaluran Bansos


BANYUASIN, SP - Dinas Sosial (Dinsos) Banyuasin lakukan monitoring bantuan sosial ke Desa Biyuku dan Desa Lubuk Lancang untuk memastikan bantuan tersebut apakah ada kendala atau tidak, Kamis (10/09).


Dinas Sosial Banyuasin yang dipimpin oleh Ari Amudin selaku Kasi Pendampingan dan Pemberdayaan Dinas Sosial Banyuasin melakukan monitoring terkait bansos dari Kementrian Sosial RI di Desa Biyuku dan Desa Lubuk Lancang.

Menurut Camat Sashadiman, tim dari Dinas Sosial itu hanya mengecek kepada Pemdes apakah dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos itu ada masalah apa tidak.


"Yang pasti penyaluran BST dari Kemensos sejauh ini di wilayah Suak Tapeh tidak ada kendala dan penyalurannya sesuai dengan pemanpaatan nya,"
kata Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si, ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/09).

 

Lebih lanjut, bahwa BST dari Kemensos RI tersebut di salurkan melalui kantor Pos yang pertama dari bulan April , Mei dan Juni senilai Rp. 600 rb per bulan dan selanjutnya disalurkan mulai dari bulan Juli - Desember senilai Rp. 300 rb per bulan.

"Untuk bulan Juli - Agustus 2020 sudah di salurkan," imbuh dia.

Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diberikan oleh Kemensos RI terang dia, merupakan salah satu bantuan yang ditujukan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Sasaran BST merupakan masyarakat yang belum menerima bantuan/program apapun baik terdaftar dalam DTKS maupun non-DTKS.

Selama penyaluran BST, Dinas Sosial selalu melakukan pemantauan untuk memastikan kelancaran kegiatan tersebut dan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan.

"Dinas Sosial juga berperan untuk memantau kegiatan agar memenuhi protokol kesehatan covid-19 sesuai dengan arahan pemerintah. Strategy social dan physical distancing wajib dilaksanakan oleh semua penyelenggara penyerahan berbagai bantuan," tutur dia.

Terpisah, Kades Biyuku Imron Rosadi di temui di Kantor Desa Biyuku menyebut, bahwa tadi memang ada tim dari Dinas Sosial Banyuasin yang datang ke Kantor Desa untuk melakukan monitor terkait penyaluran BST dari Kemensos RI.

 "Mereka hanya menanyakan apakah penyaluran BST apakah ada kendala apa tidak,"pungkas dia. (Adm)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.