TP PKK Desa Lubuk Lancang Ikuti Sosialisasi Gerakan Makan Sayur dan Peningkatan SDM Kader Posyandu

BANYUASIN, SP - TP KK dan Kader Posyandu Mawar Desa Lubuk Lancang mengikuti sosialisasi peningkatan SDM tahun 2020 demi menuju Posyandu juara. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Lubuk Lancang, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Senin (21/09).

Para peserta kader Poyandu Mawar Desa Lubuk Lancang terihat begitu antusias mengikuti bimbingan serta arahan narasumber dari tim pengerak PKK yang merupakan Ketua TP PKK Kecamatan Suak Tapeh Siti Aisa, S Pd, didampingi Ketua TP PKK Desa Lubuk Lancang  Nurlian.

Pada kegiatan tersebut, juga disosialisasikan kepada tim penggerak PKK Desa Lubuk Lancang terkait dengan gerakan makan sayur. Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi masyarakat yang makan sayur dari hasil orang lain tapi dari hasilnya sendiri.

Kades Lubuk Lancang Rusdi Tamrin saat membuka acara tersebut mengatakan, bahwa sosialisasi ini sangat penting guna mengoptimalkan kinerja para kader Posyandu Mawar Desa Lubuk Lancang dalam memberikan pelayanan.

Kata Rusdi Tamrin, definisi Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait."Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana," ujar Rusdi Tamrin.

Dikatakan Rusdi Tamrin, bahwa Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menyebutkan bahwa kesehatan merupakan hak setiap rakyat, dan upaya mewujudkan kesehatan tersebut harus dilaksanakan bersama-sama antara  Pemerintah dengan masyarakat.

"Sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal. Keterpaduan Pemerintah, masyarakat, para kader kesehatan, dan kader KB dalam mewujudkan terciptanya derajat kesehatan yang baik melalui Posyandu, BKB (Bina Keluarga balita), Gerakan Kebersihan Lingkungan, Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi), serta kegiatan lain yang mengarah pada peningkatan derajat kesehatan," pungkas dia.

Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si yang menjadi pembina TP PKK Kecamatan dalam hal ini diwakili oleh Sekcam Suak Tapeh M. Irawan, S.IP., M.Si  sangat mengapresiasi terhadap para kader yang begitu antusis saat mengikuti pelatihan kali ini.

“Merasa bahagia melihat kader semangat seperti ini dengan tujuan guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat.
Semoga segala sesuatu permasalahan mengenai bagian kendala kesejahteraan yang ada di masyarakat dapat bersama-sama kita tanggulangi seperti masalah Stunting yang mulai dari pola makan dan lingkungan yang bersih," kata M. Irawan dalam sambutan nya.

Ditempat yang sama, Ketua TP PKK Suak Tapeh Siti Aisa, S.Pd mengatakan bahwa dari semua bentuk pelatihan ini diharapkan untuk ketua tim kader Posyandu Desa Lubuk Lancang mampu meningkatkan kapasitasnya sebagai kader Posyandu."Apalagi untuk menuju Posyandu yang mandiri multi fungsi,”ujar Ketua TP PKK  Siti Aisa.

Terkait dengan gerakan makan sayur dia menyebut, Perubahan paradigma menuju pada pemahaman bahwa untuk hidup sehat,  tubuh kita tidak saja memerlukan protein dan kalori, tetapi juga vitamin dan mineral yang kaya, terkandung dalam sayuran-sayuran dan buah-buahan dalam pola konsumsi gizi seimbang.

Kata dia, Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya kemampuan ekonomi, ketersediaan dan pengetahuan tentang manfaat mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang sangat berpengaruh terhadap pola dan perilaku konsumsi. 

*Untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatkan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang tidak hanya berupa penyediaan sarana dan prasarana, tetapi juga upaya perubahan sikap dan perilaku masyarakat, melalui sosialisasi penyuluhan dan promosi yang lebih intensif pada masyarakat tentang manfaat dari konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan tersebut," ucap dia.

Sementara Korlap PLKB Suak Tapeh Darminto, S.Sos selaku Motivator dalam penyampaian nya menyebut bahwa pentingnya  program Posyandu harus dilaksanakan serta dioptimalkan. “Semoga dari segala bentuk pelatihan ini dapat lebih meningkatkan lagi kapasitas pungsi peranan para kader di Posyandu Desa Lubuk Lancang,"pungkas Darminto.

Kegiatan ini dihadiri Kades Lubuk Lancang Rusdi Tamrin, Camat Suak Tapeh yang di wakili Sekcam Suak Tapeh M . Irawan, S.IP., M.Si, Korlap PLKB Suak Tapeh Darminto, S.Sos, selaku Motivator, tim kesehatan dari Puskesmas Suak Tapeh Fastilawati, Am.Keb, Ketua TP PKK Suak Tapeh, Siti Aisa, S.Pd, Ketua TP PKK Desa Lubuk Lancang Nurlian serta para Kader Posyandu Mawar dan Anggota PKK Desa Lubuk Lancang.(Adm).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.