Notification

×

Tag Terpopuler

Bangun Jalan Alternatif, Pemkab Hibahkan Tanah

Thursday, October 08, 2020 | Thursday, October 08, 2020 WIB Last Updated 2020-10-08T07:37:39Z


MUBA, SP – Meski hujan mengguyur wilayah Muba, namun tak menghentikan langkah Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA untuk menyusuri jalan alternatif yang disiapkan Pemkab Muba untuk memaksimalkan perbaikan jalan nasional di Desa Bailangu oleh Balai Besar Jalan Nasional (BBJN). 

Pantauan di lokasi, mobil dinas Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA sempat terjebak lumpur karena kondisi jalan yang licin, oleh sebab itu Pemkab Muba segera meminta Balai Besar Jalan Nasional untuk segera meningkatkan status jalan alternatif tersebut menjadi ruas jalan nasional agar segera dilakukan pengerasan jalan.

"Kalau berdasarkan perhitungan kita, mungkin dalam satu bulan kedepan jalan nasional ini bisa putus, kalau tidak ada upaya-upaya ekstrim. Karena kita lihat, bertahun-tahun selalu diperbaiki tetapi ternyata tidak bisa optimal. Nah kalau jalan tadi itu, dibebaskan hanya pinggir sedikit dari letak yang sempit tadi, tetap mengandung resiko. Oleh karena itulah, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengalihkan jalan nasional itu dengan membebaskan dan membuka lahan  sepanjang 2,015 kilometer dengan lebar sebesar 15 meter," ungkapnya, Kamis (8/10/2020).

Diharapkan, dengan adanya pengalihan trace jalan ini nantinya lalu lintas yang menghubungkan jalan negara ini dapat dialihkan dan tidak akan terjadi lagi hal-hal longsor.

"Setelah pembukaan jalan ini kami buka, dan  urusan legalitas dengan masyarakat clear. Selanjutnya, kami akan bersurat ke pihak Balai Besar dan Kementerian PUPR jalan ini akan kita hibahkan ke nasional agar segera ditingkatkan menjadi ruas jalan nasional agar jalan alternatif ini segera dilakukan pengerasan. Target kita, jalan lintas ini secepatnya bisa diselesaikan," katanya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Muba Herman Mayori ST MT mengatakan pembebasan lahan ini sudah lama dan legalitasnya juga sudah diselesaikan.

"Pada prinsipnya pak Bupati Dodi Reza menginginkan agar pengendara tetap bisa melintas dengan selamat melewati jalan alternatif yang disiapkan ini," bebernya.

Lanjutnya, pekerjaan pembukaan dan pembersihan jalan tersebut di perkirakan bisa selesai dalam waktu singkat. "Panjang 2,015 kilometer dan lebar 15 meter,"katanya. (ch@)


×
Berita Terbaru Update