Dekatkan Pelayanan, Kelurahan Betung Layak Dimekarkan

Rapat Koordinasi rencana pemekaran Kelurahan yang mana Kelurahan Betung akan dimekarkan untuk Kelurahan Betung Selatan (Foto:ADM)


BANYUASIN, SP -- Pemerintah Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin, menggelar Rapat Koordinasi rencana pemekaran Kelurahan yang mana Kelurahan Betung akan dimekarkan untuk Kelurahan Betung Selatan. Rakor bertempat di Pendopoan Kecamatan Betung, Senin (05/10).

Rapat koordinasi tersebut di hadiri Camat Betung M. Sobir, S.Sos, Kepala DPMD Banyuasin Roni Utama yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pemdes M. Iqbal Hamid, M.Si, Kapolsek Betung AKP Yuliko Saputra,  SH, Danramil Betung dan para tokoh masyarakat Kelurahan Betung.

Camat Betung, Muhammad Sobir S.Sos, menyampaikan, rencana kelurahan yang akan dimekarkan, yakni Kelurahan Betung menjadi Kelurahan Betung Selatan. 

"Wacana ini sudah lama diusulkan, namun sempat terkendala masalah batas-batas wilayah. Dan hari ini, semuanya hadir, dan menemui titik terang terkait batas-batas kelurahan," terang Mantan Lurah Betung ini.

Salah satu tujuan pemekaran kelurahan jelas M. Sobir,adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan mempercepat kemajuan pembangunan."Saya selaku Camat Betung sangat mendukung pemekaran Kelurahan ini, karena Kelurahan Betung sudah padat jadi sudah layak dimekarkan," ucap dia.

Menurut M. Sobir, Panitia prisidiumnya sudah ada, masyarakat sudah setuju untuk pemekaran kelurahan ini. Ada 7 RW dan 15 RT yang termasuk dalam pemekaran baru Kelurahan Betung Selatan nantinya.

"Wacana ini sudah 1 tahun dan hari ini pembahasan maslah wilayah dan segi wilayah untuk treack ulang," jelas dia.

Kalau masalah pasilitas pendukung terang M.Sobir, untuk Kelurahan Betung Selatan lahan untuk Kantor Lurah sudah ada dan selain itu sudah ada Geduing Serbaguna, PAUD, Lapangan Bola Kaki, TK dan SD. "Intinya sarana dan prasarana nya sudah mendukung," pungkas dia.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, (Kabid) DPMD Kabupaten Banyuasin, M Iqbal Hamid, M.Si dalam keterangannya mengatakan siap mendukung adanya usulan dari masyarakat yang menginginkan kelurahan dipecah menjadi dua.

"Kita dukung, namun untuk memutuskan layak atau tidak tergantu tim survey yang turun langsung kelapangan. Maka dari itu, hari ini kita bahas bersama-sama dengan kecamatan dan juga tokoh masyarakat," ungkap dia.

Untuk menjadi kelurahan baru dengan memisahkan diri dari kelurahan induk, pihaknya membeberkan beberapa persyaratan dan prosedur untuk secara resmi menjadi kelurahan yang detinitif.

"Harus siap fasilitas penunjang bila wilayah tersebut ingin menjadi kelurahan, kemudian harus ada panitia prisidumnya, dukungan dari masyarakat dan yang jelas lengkap persyaratan untuk pemekaran kelurahan," beber dia.

Dirinya tidak memprediksi berapa lama pemekaran kelurahan terealisasi. Hanya, dirinya menyampaikan semua tergantung kepada tim survey.

"Tim ini kan langsung dari Universitas, datang dan langsung kelapangan. Mereka akan memastikan kondisi dan wilayah kelurahan tersebut, bila memang layak dan memungkinkan maka harapan untuk adanya Kelurahan Betung Selatan akan sangat mungkin terbentuk," tambah dia.

Sementara itu tokoh masyarakat Betung, yang juga pengagas terbentuknya Kelurahan Betung Selatan, M Zaini Luis, S.Ag menyampaikan bahwa inisiasi dan usulan terhadap pemekaran Kelurahan Betung menjadi Kelurahan Betung Selatan ini sudah cukup lama.

"Usulan pemekaran ini sudah lama kami sampaikan, semua fasilitas, prisidium, termasuk persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah terkait pemekaran sudah kita siapkan. Masyarakat menginginkan adanya kelurahan baru yang akan membawa kemajuan khususnya pembangunan, pelayanan dan pemerataan. Kami berharap, usulan ini dapat segera terwujud, demi kemajuan masyarakat di Kecamatan Betung," tukas dia. (Adm).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.