Penuh Gizi Masyarakat, Ini yang Dilakukan Aswari-Alpian Maskoni

Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni Bersama Anggota DPRD Sumsel Saipuddin Aswari Arivai Melepas Benih Ikan Nila di Tebat Libagh, Kota Pagaralam, (foto/repi)

PAGARALAM, SP
- Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni bersama Anggota DPRD Provinsi Sumsel H Saifudin Aswari Riva'i, menebar benih ikan nila di Tebat Libagh Dusun Karang Dalo Kelurahan Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam, Senin (26/10/2020) kemarin.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, penebaran benih tersebut merupakan langkah yang diambil Pemkot Pagar Alam dalam upaya mencegah stunting. Terlebih, ikan yang di tebar akan membuahkan hasil, yang dapat dinikmati masyarakat setempat, dalam menghidupkan kembali tradisi 'Mbubus' dengan kearifan lokal. 

"Kita upayakan menghidupkan lagi kearifan lokal, yakni tradisi Mbubus tebat. Jamam dulu ada tradisi demikian, apabila sedekah, atau ada hajatan lainnya, tebat di keringkan dan diambil ikannya oleh masyarakat setempat. Di Pagar Alam, terdata 27 tebat warisan nenek moyang "Tebat Serame" apabila tebat ini diberdayakan, selain meningkatkan ketahanan pangan, juga dapat mencegah stunting karena gizi masyarakat tercukupi," papar walikota. 

Sementara itu, H Saifudin Aswari mengungkapkan, tebat tersebut juga bisa menjadi objek wisata, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang mengelola. 

"Bisa apabila ada usulan, silahkan ajukan ke kami, Insya Allah akan kami upayakan. Semoga apa yang kita lakukan hari ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat. Jangan lupa, kalau panen nanti, undang saya dan walikota," kata Aswari.

Dikatakan Aswari, Pemerintah Provinsi bersama DPRD Sumsel akan terus berusaha memenuhi keinginan kabupaten dan kota tentunya melalui proposal atau usulan. (Rep)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.