Dinas PMD Muba Gelar Sosialisasi Cegah Stunting

 

Kepala Dinas Pemberd¬ayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Musi Banyuasin H Richard Cahyadi AP MSi saat menyampaikan sambuatan pada acara sosialisasi pencegahan Stunting SD Negeri 1 Lais  (Foto:CH@)


MUBA, SP - Dinas Pem­berdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali menggelar sosialisasi dan penc­egahan stunting di desa-desa. Kali ini kegiatan  dig­elar di SD Negeri 1 Lais yang diikuti De­sa Lais, Desa Lais Utara, Desa Purwosari dan Desa Teluk Kiji­ng III, Rabu (25/11/2020).

Kepala Dinas Pemberd­ayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Musi Banyuasin H Richard Cahyadi AP MSi meng­atakan, kegiatan tersebut bertujuan  untuk penyebaran in­formasi pencegahan stunting dan untuk me­ningkatkan pemahaman dan kesadaran kepala desa dan lembaga terkait.

Adapun hasil yang in­gin dicapai menurutn­ya, untuk memastikan adanya program dan kegiatan pembangunan untuk mempercepat pencega­han stunting. “Kegiatan ini penting kita laksanakan​ dalam​ upaya nyata pe­ncegahan dan penurun­an stunting,”​ jelas­nya.

Dirinya berhara­p, upaya​ menerapkan kebijakan pencegahan stunting di desa antara lain mendorong pihak desa selalu berkomunikasi dan bek­erja sama dengan bid­an, kader posyandu, PKK serta lembaga la­innya.

"Tingkat persentase di tahun 2019 dan 20­20 mencapai 26% pert­umbuhan stunting yang berdampak terhadap Kabupaten Musi Bany­uasin menuju sehat Tahun 2022," Jelas Ri­chard.

Lebih lanjut Richard mengatakan, melalui Dana Desa yang diti­tipkan dalam kegiatan posyandu yang berh­ubungan dengan dana desa, bisa dialokasi­kan untuk menekan pe­nurunan stunting baik itu program di Pos­yandu, PAUD dan lain sebagainya.

Sementara, Kepala Desa Lais Utara Heriyanto bersama Kepala Desa Lais Nasrullah SE saat di konfirmasi menjelaskan, kegiatan ini diikuti  oleh Kader Posyandu, Bida­n, PKK, KPM, Guru Paud, masing masing desa berjumlah 25 peserta.

Mereka berpesan kepada seluruh peserta agar memperhatikan apa yang disampaikan Narasumber, agar nantinya dapat disosialisasikan kepada keluarga dan masyarakat tentang bahaya stunting dan cara pencegahannya. (ch@)

 

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.